6 Buah Sehat Sebagai Penganti Sarapan

0

Oleh : Nadiyatul Ulumah, Mahasiswi STEI SEBI Semester 2

Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber energi. Bagaimana bisa, jika hari-hari mu yang padat dengan aktivitas pekerjaan, namun tubuh mu belum mendapatkan asupan dipagi hari. Pasti keadaan tubuh mu akan mengalami 5L yaitu lesuh, letih, lemah, lelah dan lalai. Kamu pasti tidak mau jika hari-hari mu harus merasakan 5L. Jawaban agar tubuh mu tidak merasakan 5L adalah Rutin sarapan pagi.

Lumrahnya menu sarapan di pagi hari biasanya dengan roti, nasi goreng, bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, mie goreng serta minuman hangat seperti susu, kopi, teh dan cokelat hangat. Itu semua menu yang sering disajikan pada saat sarapan pagi.

Tidak hanya itu, buah pun mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh mu. Tidak dipungkiri bahwa buah yang segar sangat cocok dikonsumsi pada saat siang hari di cuaca yang panas, sehingga setelah makan buah disiang hari, kamu akan merasakan kesegaran. Namun buah juga bisa dikonsumsi pada saat sarapan pagi, 6 buah ini mempunyai kandungan dan maanfaat untuk tubuh mu serta disajikan pada saat sarapan mu ;

Pisang
Pisang mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama bagi tubuh, selain itu pisang juga terkenal akan kandungan potassiumnya. Potassium adalah zat yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potassium juga bisa mencegah kram otot setelah berolahraga.

Alpukat
Alpukat mengandung beberapa jenis zat gizi yang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, vitamin, mineral dan beberapa senyawa antioksidan. Alpukat juga memiliki kandungan energi yang cukup banyak, setiap 100 gram alpukat memiliki kandungan energi sebesar 85 kalori.

Pepaya
Pepaya memberikan begitu banyak kesehatan pada tubuh, pepaya menagndung banyak sekali nutrisi, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potassium, folat dan magnesium.

Melon
Melon memiliki banyak manfaat dan kaya akan kandungan zat dan vitamin didalamnya. Satu buah melon mengandung 60 kalori dan 14 gram kandungan gula alami. Buah melon juga memberikan energi pada tubuh dan mempunyai kadar lemak yang rendah.

Jeruk
Kandungan gizi dalam buah jeruk diantaranya adalah air, energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin 86, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium dan zink.

Buah bundar mungil nan manis ini ternyata memilik segudang nutrisi dan manfaat. Jeruk dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Semangka
Buah semangka mengandung gizi dan kadar air yang tinggi namun mengadung jumlah kalori yang rendah. Dari kandungan gizi yang banyak, buah semangka dapat mencegah dehidrasi, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, mengatasi peradagangan, membantu sistem pencernaan, dan memelihara kesehatan kulit.

Mari biasakan diri dengan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas mu. Jika kamu tidak mempunyai waktu untuk sarapan, maka sispkanlah buah sehat di tas mu sabagai peganti sarapan mu, kamu bisa memakan nya dimanapun dan kapanpun.