Akses Jalan Jadi Kendala Kunjungan Wisata Ke Bukit Petualang Desa Kretek

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Pengembangan Desa wisata kali ini menjadi prioritas Kepala Desa Kretek Kec. Taman Krocok, sembari memaksimalkan Dana Desa (DD) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tujuannya, wisata desa bisa terlaksana dengan maksimal, baik pembangunan fisik dan SDMnya.

Hal itu dikatakan oleh, Sugianto, pihaknya akan memaksimalkan Desa dengan potensi wisata yang sangat bagus untuk dikembangkan, Salah satunya adalah Bukit Petualang yang memiliki Panorama Alam sangat indah dan pemandangan yang luar biasa,

” Namun perlu perhatian khusus dari Pemkab Bondowoso khususnya Dinas Pariwisata prihal akses jalan menuju lokasi sulit dilalui oleh roda 2 maupun 4. ” Kata Kepala Desa Kretek Kec. Taman Krocok.

Obyek Wisata yang berada tepat di Bukit kaki Gunung Putri itu ia gagas pada tahun 2018 dan tak sedikit para wisatawan lokal menikmati hari libur di Bukit petualang tersebut walaupun harus jungkir balik dengan kendaraan roda 2, akan tetapi rasa capek dan kesel seketika hilang sudah tatkala berada di lokasi dan dapat menikmati pemandangan alam yang dapat memanjakan mata.

” Tahun ini, setidaknya Kami akan memanfaatkan Dana Desa untuk pengelolaan obyek Wisata tersebut mengingat antusias dari para pengunjung sangat tinggi terutama kalangan pelajar Mahasiswa maupun SLTA terutama pada hari libur. ” Tuturnya kepada Sketsa online.

Namun, menurut Sugik, butuh dukungan dari Pemkab Bondowoso untuk pembangunan jalan menuju lokasi tersebut, ” Pasalnya satu-satunya akses jalan ke lokasi yang digunakan selama ini adalah tanah milik perhutani, Kami sudah sempat koordinasi dengan pihak perhutani namun hingga saat ini belum ada jawaban pasti boleh dan tidaknya jika jalan tersebut Kami bangun untuk pengembangan Wisata itu agar ekonomi Masyarakat semakin meningkat. ” Ujarnya dan berharap ada titik terang dari pemangku kebijakan untuk kepentingan bersama.

Sementara itu, Salah satu Warga Desa Kretek yakni Tuki, menuturkan kalau modal awal sudah ada tinggal bagaimana mengembangkannya, potensi alam yang ada di daerah ini sangatlah luar biasa dengan pemandangan yang sangat indah.

” Sekarang yang menjadi persoalan yaitu terkait jalan menuju ke lokasi yang berjarak 3 Km dari Balai Desa ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak agar Obyek Wisata Bukit Petualang yang terletak di sebelah barat Desa ini semakin berkembang dan dikenal oleh para Wisatawan Lokal maupun Manca Negara seperti Kawah Wurung pada umumnya. ” Tutur Tuki yang selama ini dipercaya sebagai pemandu wisata Bukit Petualang Desa Kretek. ( Bam” S )