Akuntasi Perusahaan Dagang

0

Oleh : Julia Indah Awalia mahasiswi STEI SEBI

Perusahaan Dagang adalah Perusahaan yang kegiatannya membeli barang dari supplier untuk dijual kembali tanpa merubah bentuknya.

Untuk pencatatan dalam perusahaan dagang terdapat 2 metode yaitu :

Metode Perpetual, yaitu metode dimana setiap persediaan yang masuk dan keluar dicatat di pembukuan

Metode periodic, yaitu metode yang dilakukan dengan menghitung jumlah persediaan diakhir suatu periode untuk melakukan pembukuannya

Ada banyak aktivitas yang terjadi didalam Perusahaan dagang, diantarnya:

Pembelian Tunai dan kredit, pada semua perusahaan untuk memenuhi persediaannya terkadang dilakukan dengan cara tidak tunai/kredit, ini terjadi terutama pada perusahaan dagang. Tanda jika perusahaan melakukan pembelian secara kredit biasanya ditandai dengan adanya faktur ataupun dengan adanya termin, seperti 2/10,n/30.

Maksud dari 2/10 sendiri yaitu, jika perusahaan membayar hutangnya ≤ 10 hari setelah transaksi maka perusahaan itu akan mendapatkan diskon sebesar 2%. Dan n/30 sendiri yaitu batas akhir pembayaran yang harus dialakukan perusahaan yaitu maksimal 30 hari setelah transaksi.

Penjualan tunai dan kredit, penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dagang kepada konsumen dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan, penjualan secara kredit dilakukan untuk mebantu konsumen yang belum mumpuni dalam keuangannya

Piutang dagang dan Hutang dagang
Piutang dagang terjadi jika konsumen membeli barang kita secara kredit, sedangkan Hutang Dagang sendiri yaitu kewajiban yang harus kita bayar karena kita membeli barang kepada suatu perusahaan secara kredit.

Akun-Akun Khas lainnya

Persediaan, yaitu untuk mencatat persediaan yang masih tersisa pada awal dan akhir periode

Biaya angkut pembelian , untuk mencatat biaya angkut yang ditanggung perusahaan ketika membeli barang , yang nantinya ini akan berpengaruh pada Harga Pokok Penjualan barang.

Biaya angkut penjualan, untuk mencatat jika saat penjualan biaya agkutnya ditanggung oleh perusahaan.
Harga Pokok Penjualan,

Yang membedakan antara perusahaan dagang dengan perusahaan lainnya yaitu adanya Jurnal khusus pada perusahaan dagang, jurnal ini terdiri dari : Jurnal Pembelian (Sales Journal ), Jurnal Penjualan ( Purchase Journal ), Jurnal Pengeluaran kas ( Cash Payment Journal ), Jurnal Penerimaan kas ( Cash Receipt Jornal ) , dan Jurnal umum ( General Journal ).

Jurnal Pembelian (Sales Journal) , mencatat pembelian barang yang dilakukakn secara kredit

Jurnal Penjualan ( Purchase Journal ), mencatat Penjualan barang yang dilakukan secara kredit

Jurnal Pengeluaran kas ( Cash Payment Journal ), Mecatat semua transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran kas atau pembayaran kas

Jurnal Penerimaan kas (cash Receirt Journal), Mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan kas

Jurnal Umum (General Journal), mencatat semua transaksi yang tidak termasuk didalam jurnal pembelian, penjualan, penerimaan kas, ataupun pengeluaran kas.