Dijamin Tak Ada Penggusuran dan Pengusiran, Para Pedagang Pasar Kemirimuka Dapat Lakukan Aktivitas Berjualan

0

DEPOK – Para Pedagang Pasar Kemirimuka, Beji, Kota Depok, dapat melakukan aktivitas berjualan seperti biasa. Sebab, pihak PT. Petamburan Jaya Raya selaku Pemohon Eksekusi menjamin dan memastikan, tidak ada penggusuran maupun pengusiran.

Hal itu ditegaskan Direktur PT. Petamburan Jaya Raya (PJR) Yudhy Pranoto Yohanto dalam pertemuan antara pihak pengelola pasar dengan para pedagang pasar kemirimuka.

“Saya menjamin dan memastikan, tidak ada upaya mengusir ataupun menggusur para pedagang dari tempatnya mencari nafkah di kawasan Pasar Kemirimuka, Beji, Kota Depok,” tegas Yudhy didampingi Kuasa Hukumnya Ricard Mustafat dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok Kania Parwanti, Kamis (3/10/2019).

Yudhy menjelaskan, untuk mewujudkan pasar tradisional yang bertaraf nasional, Pasar Kemirimuka saat ini keadaannya memprihatinkan sehingga perlu adanya perbaikan agar tidak terkesan kumuh dan becek bila musim penghujan.

“Para Pedagang Pasar Kemirimuka silahkan beraktivitas seperti biasa, berjualan dan berdagang. Upaya penggusuran maupun pengusiran para pedagang itu tidak ada. Yang ada perlu penataan ulang dan perbaikan agar Pasar Kemirimuka ke depan menjadi lebih baik, dapat menjadi Pasar Tradisional Modern yang bertaraf Nasional,” tutur Yudhy.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok Kania Parwanti mengatakan, kondisi di dalam Pasar Kemirimuka saat ini memang sangat memprihatinkan sehingga perlu pembenahan agar pasar tradisional ini dapat berkembang menjadi Pasar Tradisional Modern sesuai dengan kondisi Kota Depok sebagai Kota Barang dan Jasa.

“Kami berharap pertemuan antara para Pedagang, pihak PT. Petamburan Jaya Raya dan Pemerintah Kota Depok dapat menghasilkan solusi atas Pasar Kemirimuka. Sebab, Pasar Kemirimuka sudah lama berada di Kota Depok dan disini yang bisa kita jual bukan hanya pasarnya saja tetapi bisa menjadi destinasi atau tujuan wisata belanja. Diharapkan, dapat mewujudkan dalam upaya penataan pasar tradisional menjadi pasar modern dan salah satu pasar induk yang baik,” ujar Kania.

Perwakilan Pedagang Pasar Kemirimuka Yahya Barharya berharap, kegiatan penataan dan janji PT. Petamburan Jaya Raya terhadap Pasar Kemirimuka tentunya dapat menjadi pegangan para pedagang untuk tetap tenang berjualan dan berdagang.

“Kami mendukung langkah PT. Petamburan Jaya Raya yang tidak akan melakukan pengusiran maupun penggusuran terhadap para pedagang Pasar Kemirimuka. Pihak PT. PJR akan membangun Pasar Kemirimuka menjadi Pasar Tradisional yang bertaraf nasional dan modern karena memang itu yang disampaikan pihak PT. PJR dan kami dukung,” pungkasnya.

Sementara Kuasa Hukum PT. PJR Ricard Mustafat menyatakan bahwa kliennya merupakan pemilik yang sah sesuai dengan keputusan pengadilan dari tingkat PN, Banding, Kasasi hingga Peninjauan Kembali (PK) yang sudah delapan kali menang dan sudah inkrah berkekuatan hukum tetap.

“Klien kami, yakni PT. Petamburan Jaya Raya tidak akan melakukan pengusiran maupun penggusuran. Namun, akan memperbaiki dan membangun Pasar Kemirimuka sehingga menjadi Pasar Tradisional Modern yang bertaraf Nasional terbesar di Kota Depok,” tandasnya.

(Jimmy)