Disnakersos Buat Program Keluarga Harapan

0

indexDepok – sketsaonline – Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Keluarga Harapan (PKH), Jum’at (17/04/2015). Acara yang digelar di Aula Lantai 5, Gedung Balai Kota Depok ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program asistensi sosial kepada rumah tangga yang memenuhi kualifikasi tertentu dengan memberlakukan persyaratan dalam rangka untuk mengubah perilaku miskin. PKH diutamakan bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil atau menyusui, dan anak usia 0-6 tahun, atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasarnya.

Tujuan jangka pendek PKH adalah memberikan income effect melalui pengurangan beban pengeluaran RTSM. Sementara tujuan jangka panjangnya adalah untuk memutus mata rantai kemiskinan RTSM, yaitu melalui peningkatan kualitas kesehatan atau nutrisi, pendidikan, dan kapasitas pendapatan anak (price effect) serta memberikan kepastian akan masa depan anak (insurance effect) dan mengubah perilaku (behaviour effect) keluarga miskin.

Kepala Bidang Sosial Disnakersos Kota Depok, Ani Rahmawati mengharapkan dengan digelarnya Bimtek tersebut nantinya bisa menambah kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam PKH, khususnya para pendamping dan operator.

“Intinya agar mereka memahami tugas pokok dan fungsi mereka dalam menyukseskan program PKH di tiap wilayah yang mereka dampingi,” papar Supardji.

Adapun materi-materi yang disampaikan para narasumber baik dari pusat maupun dari Dinsos provinsi adalah seputar petunjuk teknis bagi pendamping dan operator PKH dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing-masing, sehingga kualitas kinerja mereka bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Di Depok sendiri ada 5.017 keluarga yang menerima program ini, untuk pendampingnya ada sebanyak 20 orang,” ujar Ani. / hms