Idul Adha 1438 H : Pradi Rindu Berbaur Bersama Warga

0


Depok – Sketsa

Warga Kota Depok antusias melaksanakan shalat Idul Adha 1438 Hijriyah, Jumat (1/9). Pantauan Sketsa, disejumlah lapangan dan masjid, warga jamaah shalat membludak sampai ke jalanan.

Area shalat sudah dipersiapkan oleh panitia sejak sehari sebelumnya dengan memberikan garis-garis putih sebagai pertanda shaf shalat.

Pantauan, ribuan jamaah memenuhi Masjid Dian al Mahri di Meruyung, Limo, Depok, sampai ke halaman masjid. MAsjid ini, yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas, adalah masjid megah yang menjadi ikon wisata religi. Jamaah shalat datang dari pelbagai kawasan, termasuk dari luar kota.

Demikian pula yang dilakukan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, yang memilih shalat Iduladha di Masjid Nurul Iman, sebuah masjid sederhana di lingkungan rumah di Kukusan, Beji, Kota Depok.

Pradi memilih tidak shalat di Masjid At Taqwa Balai Kota Depok yang sudah diagendakan oleh Protokoler Pemkot Depok. Alasan, ingin merasakan shalat sebagai warga biasa, seperti dirinya sebelum jadi pejabat wakil wali kota.

Secara diam-diam, sendirian, Pradi berbaur dengan para jamaah lainnya. Dia memilih shaf jalanan di Jalan Kukusan Beji. Nyaris tak ada warga yang menyadari kehadiranya.

“Sudah beberapa hari raya, dan kegiatan lainnya saya shalat atau ikut prosesi ibadah secara resmi protokular, rindu juga saya bisa shalat Idul Adha seperti dulu di lingkungan tempat tinggal saya seperti dulu. Saya ingin menikmati kebersahajaan hari ini, di hari fitri,” sebut Pradi Supriatna kepada sketsa yang menemuinya seusai shalat Idul Adha.

Sebutnya, sebelumnya dirinya sudah mengabarkan kepada bagian protokoler Pemkot Depok bahwa ingin salat Idul Adha bersama dengan jamaah warga kampungnya tanpa penyambutan.

“Iya, saya merasakan, ketika saya datang, diam-diam saja, banyak orang yang tak menyadari dan tidak menyapa saya. Saya jadi merenung, jabatan itu amanah, kalau tidak jadi wawalkot lagi saya ya, jadi warga pada umumnya. Insyaallah saya mau direspek orang lain kerena diri pribadi saya bukan hal lain. Semoga diri saya terjaga,” sebut Pradi merenung.

Seusai shalat, dari masjid, sembari bejalan kerumahnya yang berjarak sekitar 3 ratusan meter, Pradi Supriatna saling bertegur sapa dan berjabat tangan dengan ratusan warga dan berbincang dengannya. Beberapa ikut mampir ke rumah Wakil Wali Kota Depok ini.

“Gak nyangka saya Bang Pradi shalat Id di sini. Mana kita pada gak nyadar lagi,” ujar Rahman seorang warga Kukusan. (Boy)