Ingin Negara Indonesia Bersih ? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini !

0

Oleh : Nadiyatul Ulumah Mahasiswa STEI SEBI Depok

Bersih adalah idaman semua orang, baik perihal penampilan seseorang, kebersihan rumah, maupun kebersihan lingkungan. Semua orang menyukai akan sesuatu yang bersih, karena apabila dirasakan dan dilihat, sesuatu yang bersih akan lebih enak dan indah untuk dinikmati.

Namun bagaimana dengan kebersihan negara kita ? bersih jika dilihat sepintas oleh mata. Bersih jika dilihat hanya dari daerah- daerah khusus saja, sudahkah anda melihat ke sudut-sudut pemukiman ibu kota ? sampah yang berserakan dimana-mana ini menandakan bahwa tingkat kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih minim.

Berdasarkan data jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia sebagai penghasil sampah ke laut yang mencapai 262,9 juta ton. Suatu peringkat bukan berarti dikatakan sebagai suatu prestasi saja, melainkan dari peringkat tersebut kita bisa melihat bahwa masyarakat Indonesia masih sering melakukan kebiasaan buruk nya.

Sering kita jumpai orang yang sedang mengendarai motor nya, dengan leluasanya ia bisa membuang sampah bekas makan nya dimana saja. Tidak hanya pengendara motor, pengendara mobil pun, dengan kesombongan nya ia membuka kaca mobilnya dan melemparkan sampah bekas makan nya. Bahkan para penumpang angkutan umum masih banyak yang belum sadar akan kebersihan.

Sering kita lihat, karena perut lapar nya ia membeli sebungkus cemilan untuk mengganjal perutnya, setelah makanannya habis, lalu bungkus plastiknya ia kemanakan ? sebagaian kita yang sadar akan kebersihan, kita bisa menyimpan atau membawa sampah tersebut, lalu setelah sampai tujuan kita bisa membuang sampah pada tempatnya. Namun untuk mereka yang belum sadar akan kebersihan, seketika itu pula bungkus plastik sampahnya akan dibuang dalam angkutan umum yang ditumpanginya.

Pepatah “ala bisa karena terbiasa” itu memang sudah terbukti. Kenapa negara Indonesia bisa mendapatkan peringkat kedua dunia sebagai penghasil sampah ke laut terbanyak ? karena sudah terbiasanya masyarakat indonesia membuang sampah bukan pada tempatnya.

Perihal membuang sampah pada tempatnya bukanlah suatu perkara yang sulit untuk dilakukan, kita semua bisa melakukan nya. Namun yang menjadi permasalahan adalah kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging, sehingga setiap kali melakukan hal itu dianggap hal yang sudah lumrah dan untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut tidak berfikir akan dampak buruknya setelah melakukan perbuatan itu.

Bangun kesadaran kita untuk tidak membuang sampah sembarangan dimulai pada diri sendiri. Jika diri sendiri sudah melakukan hal baik, maka akan terbiasa untuk terus melakukan hal kebaikan. Dan kebaikan itu akan tertular pada setiap orang yang melihatnya. Sehingga, terwujud lah kesadaran masyarakat Indonesia akan membuang sampah pada tempatnya demi Indonesia yang bersih dan indah.