Kunjungi Depok, Gubernur Jabar Bawa Sejumlah Program

0
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memberikan keterangan pers, usai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Depok, Muhammad Idris di Balai Kota Depok, Kamis (18/07/2019). Foto: Boy

DEPOK – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Pancoran Mas, Kota Depok, Kamis (18/07/2019) siang.

Dalam kunjungan kerjanya, mantan Wali Kota Bandung ini membawa sejumlah program unggulan untuk membuat warga Kota Depok senang. Ia berencana merevitalisasi danau-danau atau situ di Depok menjadi tempat wisata.

Danau pertama yang ditata menjadi danau wisata adalah Situ Rawa Kalong, yang terletak di wilayah Kecamatan Cimanggis.

Dana segar sebesar Rp 30 miliar telah dikucurkan untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong dan saat ini telah memasuki tahap konstruksi.

“Kita meyakini Depok ini sebagai kota butuh tempat-tempat yang pariwisata ya, selain biar enggak stres, juga meningkatkan pendapatanlah,” kata Ridwan Kamil di Balai Kota Depok, Kamis (18/07/2019).

“Karena kita amati Depok ini satu-satunya kota punya danau paling banyak. Kalau tidak bermanfaat kan sayang. Kita mulai di Rawa Kalong dulu,” lanjutnya.

Setelah revitalisasi Situ Rawa Kalong usai, pria yang akrab disapa Emil ini berjanji untuk menata banyak situ lain di Depok secara bertahap.

“Iya, nanti ngantri. Jadi Rawa Kalong dulu, sisanya 20 danau sisanya kita proses,” tuturnya.

Program lain yang dibawa Emil dari Bandung adalah Layad Rawat, yakni program mendatangkan dokter ke rumah-rumah warga miskin Depok yang membutuhkan.

“Jadi nanti warga Depok tinggal telepon, nanti dokternya yang datang bawa bantuan obat-obatan gratis dengan biaya dari provinsi,” jelasnya.

Kemudian, ada pula program Quick Response berbasis teknologi untuk merespons sebuah peristiwa dengan cepat.

“Jadi kalau warga Depok ada kesusahan kita bisa melakukan pertolongan dengan cepat via media sosial, selesai dalam 5-7 hari. Pasukannya dari Pak Wali, nanti dana bantuannya dari gubernur,” katanya. (Herlina)