Lurah Nangkaan : Dakel Berpotensi Mengurangi Kemiskinan & Menggerakan Industri Kecil

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan kebijakan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan. Atau lebih dikenal dengan program Dana Kelurahan.

Implementasi program Kemendagri tersebut, mulai bergulir tahun ini dan di Kab. Bondowoso sendiri terdapat 10 Kelurahan. Salah satunya Kelurahan Nangkaan Kecamatan Bondowoso.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kelurahan Nangkaan, ” Agus Adhadi, Leono S. Ip.

“Iya ahun ini Kelurahan Nangkaan telah menerima Dana Kelurahan, yang Kami prioritaskan untuk mengurangi kemiskinan menggerakan industri Kecil dan mengembangkan ekonomi produktif, ” Kata Lurah Nangkaan Jum’at (23/08) diruangannya.

Menurutnya, untuk mengawali kegiatan ini dalam pelaksanaan program Dakel, pihaknya telah melaksanakan 5 kegiatan sekaligus yaitu 4 diantaranya pembangunan Pavinggisasi Jalan Lingkungan dan 1 unit Jambanisasi dengan menggunakan anggaran Dakel.

” Lima kegiatan tersebut menjadi prioritas daripada kegiatan lainnya, Jadi kami sudah melakukan kegiatan tersebut yang capaiqnnya kisaran 40 %. ” Tutur mantan Kasipem Kec. Sukosari itu saat dikonfirmasi oleh Sketsa.

Bahkan Lurah yang sudah 1, 5 Tahun menjabat itu akan mengembangkan potensi alam yang ada dengan membangun sarana prasarana untuk pemasaran hasil industri rumahan di salah satu destinasi obyek wisata Embung Cinta dengan memanfaatkan Dana Kelurahan tahap II.

” Juga kegiatan pemberdayaan lainnya berupa pelatihan perbengkelan serta peningkatan kapasitas kelembagaan yang ada di Kel. Nangkaan ini, akan segera Kami realisasikan di tahap 2. ” Ucap Agus.

Terpisah, salah satu warga Rt.10 Rw. 03, Bahrul, menyambut gembira wacana Lurah Nangkaan terkait penggunaan Dana Kelurahan, ” Minimnya anggaran yang ada selama ini membuat pemkel kesulitan mengembangkan potensi lokal yang ada, dan terbukti dari antusias warga kecipratan Dakel semua konsumsi saat pelaksanaan kegiatan berlangsung sepenuhnya warga yang nanggung. ” Ungkapnya penuh Syukur.

Sementara itu, Ketua pokmas Kel. Nangkaan yakni Edi Susanto, berjanji penggunaan Dana Kelurahan kali ini akan digunakan untuk sarana prasarana diwilayah kelurahan setempat dan untuk memperdayakan masyarakat khususnya penguatan ekonomi. ( Bam” S )