Pemkot Depok Kucurkan Dana Alokasi Khusus ke 70 Sekolah

0

Depok – Pemkot Depok melalului Dinas Pendidikan (Disdik) mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019 untuk 70 sekolah. Dana ini merupakan DAK tahap pertama yang bersumber dari APBN.

“Dana ini dibagikan Disdik Depok untuk merenovasi atau melakukan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB),” kata Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Disdik Kota Depok, Sutarno di Balai Kota Depok, Senin (09/09/2019).

Adapun kucuran dana untuk puluhan sekolah tersebut, kata dia, diberikan kepada 50 SD senilai Rp 19 miliar. Sedangkan untuk 20 SMP diberikan senilai Rp 11 miliar.

Menurut dia, pembagian DAK dilakukan dalam tiga termin. Tahap pertama sebanyak 25 persen, tahap kedua 45 persen, dan terakhir 30 persen.

“Untuk termin pertama, sudah kita transfer pada seluruh sekolah penerima DAK 2019. Sekarang mereka dalam tahap pelaksanaan pembangunannya,” ujar Sutarno

Pada pelaksanaan pembangunan, lanjut dia, murni dikelola oleh sekolah, di bawah tanggung jawab Panitia Pembangunan Sekolah (P2S). Di dalamnya, ada kepala sekolah dan komite sekolah.

“Untuk mendapatkan dana di termin kedua, pihak sekolah harus mengajukan laporan pertanggung jawaban terlebih dahulu. Mudah-mudahan, pada Desember rencana pembangunan atau RKB sudah rampung di semua satuan pendidikan,” pungkasnya. (Dris)