PERTICHORE, AROMA HUJAN SEJUTA MANFAAT

0

Oleh : Abuani (mahasiswa STEI SEBI)

Sudah beberapa decade ini Indonesia jarang kedatangan hujan, ya Indonesia sedang mengalami musim hujan yang berkepanjangan. Namun tidak menutup kemungkinan juga beberapa daerah sudah terguyur hujan. Sebenarnya apa sih spesialnya dari hujan?

Hujan memiliki banyak manfaat secara umum. Karena, bisa juga dibilang hujan merupakan salah satu sumber kehidupan yaitu air. Dibalik turunnya hujan apalagi hujan yang petama turun diawal musim hujan pasti tercium bau yang sedap. Iya bukan? Nah bau ini bisa disebut dengan istilah Petrichore.

Apa itu petrichore? Petrichore adalah aroma alami yang dihasilkan saat hujan jatuh ditanah yang kering. Istilah ini erasal dari bahasa yunani yaitu petra yang berarti batu, dan ichor yang berarti cairan yang mengalir di pembuluh para dewa.

Namun perlu kita ketahui, bau itu tidak begitu tiba tiba muncul saat turunnya hujan. Namun bau itu berasal dari minyak yang dikeluarkan oleh tumbuhan tertentu karena cuaca kering. Kemudian minyak tersebut diserap oleh tanah dan batuan, ketika hujan turun maka bau itu akan dilepaskan bersama senyawa lain yang bernama geosmin. Yang bisa menghasilkan bau jika di tambah dengan petir.

Pasalnya aroma hujan tidak hanya sekedar aroma. Namun, ia memiliki efek yang khas yang dapat membuat tenang dan rileks sehingga baik untuk relaksasi dan membantu mengurangi stress. Tidak main main bukan manfaat yang dikandung petrichor. Jadi pernahkah kalian merasakan manfaat petrichore?. Tinggal kita tunggu saja musim hujan yang akan datang mengguyur Indonesia.