Program Quik Win Walikota Depok Diskominfo Gerakan Internet Sehat Melalui MCAP

0

IMG-20160329-WA0001Depok – Sketsa Onine

Walikota Depok M Idris Abdul Shomad dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna telah meluncurkan “program quick win”. Program tersebut merupakan kebijakan pembangunan dalam 100 hari Walikota dan Wakil Walikota Periode 2016-2021.

Seperti diketahui Walikota Depok KH Idris Abdul Shomad menjelaskan , salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu daerah diukur oleh indek pembangunan manusia , berdasarkan survei tahun 2015 IPM Kota Depok mencapai 80,79 . hal ini membuktikan prestasi dari msyarakat Depok dan keberhasilan pembangunan di Kota Depok, sehingga masyarakat Depok semakin unggul , ” Standar angka 80 ini merupakan batas yang ditetapkan United Nations Development Programme (UNDP) sebagai standar dicapainya kesejahteraan daerah atau negara.

Idris juga menjelaskan dalam rangka memudahkan dan mengingat program pembangunan bagi masyarakat Depok , Walikota yang baru menjabat ini menyampaikan satu tagline untuk lima tahun ke depan yakni ” Depok Bersahabat ” (Depok bersih , Asri , Sehat dan Bermartabat). Tagline ini juga merupakan salah satu penjabaran dari Viai Kota Depok yakni ” Kota Depok yang Unggul , Nyaman dan Religiun” .

Program Quik Win 100 hari sampai dengan akhir tahun anggaran 2016 , sebagai penjabaran dari Depok Bersabat yakni :

* Depok sahabat masyarakat,
Dengan program kegiatan : Depok terang fokus pada penerangan jalan umum pada jalan utama , perencanaan pembangunan alun-alun kota , one day service akte kelahiran , penertiban dan perapihan margonda , one hour service kartu kuning , pelayanan puskesmas 24 jam pada 11 Kecamatan yang saat ini baru mencapai 9 Kecamatan , rekayasa laku lintas fokus pada rencana satu arah.

* Depok sahabat UKM.
Dengan peogram kegiatan gerakan beli Depok, One Hour Service untuk TDP dan SIUP. Louncing kios UMKM melalui program kemitraan, kerja sama dengan asosiasi yang berhubungan dengan UMK, program responsif PHK dan kerja modal usaha.

* Depok sahabat lingkungan.
Dengan program kegiatan : Program sahabat sampah fokus pada gerakan grebek sampah , rebut kantong plastik, diet kantong plastik, perbaikan DAS dengan penanaman seribu pohon , Depok Recycle Center, drainase bebas sampah, kerjasama penanganan banjir dan lingkungan dengan instansi lain.

* Depok sahabat pelajar.
Dengan program kegiatan: Lounching PPDB baru, gerakan internet sehat bagi siswa SMP.

* Depok sahabat petani.
Dengan program kegiatan : panen belimbing bersama dan potensi holtikultura lainnya pasar pangan lokal setiap pekan di Balaikota.

* Depok sahabat anak .
Dengan program kegiatan : loket khusus pelajar anak di puskesmas , PIN (Pekan imunisasi Nasional) dan griya konsultasi perkembangan anak.

Sebagai perwujudan program quick win tersebut, Diskominfo Kota Depok mengintensifkan gerakan internet sehat melalui kegiatan mobile community access point (MCAP).

MCAP ini merupakan mobil yang dilengkapi dengan peralatan teknologi informasi seperti komputer, internet, wireless access point, modem CDMA, dan generator listrik.

Selama 100 hari ke depan, MCAP juga akan mengunjungi seluruh SMP se-Kota Depok untuk memperkenalkan cara menggunakan internet secara sehat & bermanfaat untuk pelajar.

Sebelumnya, sejak awal 2011, Diskominfo Depok sùdah mengoperasikan MCAP untuk memberikan layanan & pengenalan komputer/internet ke sekolah-sekolah, khususnya sekolah dasar, PAUD, RW layak anak, dan sebagainya.“Di setiap sekolah, kami juga menyampaikan tentang literasi media digital untuk pelajar.

Intinya, kami ingin memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pelajar tentang cara menggunakan internet secara bijak dan bermanfaat. Sehingga para pelajar nantinya bisa memiliki kemampuan sendiri untuk memilih konten yang bermanfaat bagi mereka dan menggunakan internet secara positif.” Ujar Rita Nurlita, PNS Diskominfo yang bertugas menjadi pengawas MCAP.

Dalam satu bulan ini, MCAP secara rutin hadir di Car Free Day Grand Depok City (GDC) dan mengunjungi sembilan SMP di Kota Depok SMP 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 15, dan 20) , jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, M. Fitriawan, menyebutkan bahwa MCAP atau yang dikenal dengan mobil internet ini merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Diskominfo untuk memberikan pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat, khususnya anak-anak dan pelajar di Kota Depok.

“Selain mengunjungi SMP se-Kota Depok, kami juga berusaha terus mendekatkan diri ke masyarakat dengan memberikan layanan MCAP di area Car Free Day GDC. Harapannya, supaya masyarakat semakin banyak yang mengenal dan mendapatkan manfaat dari internet ini” Tambah Fitriawan.(Idris)