PUPR Depok Lakukan Pengerukan Kali Paragan Jati

0
Satu unit eskavator milik Dinas PUPR Kota Depok melakukan pengerukan Kali Paragan Jati, Rabu (31/07/2019). Foto: Boy

DEPOK – Masalah pendangkalan akibat banyaknya sedimentasi di Kali Paragan Jati, Pasir Putih, Sawangan, diatasi oleh bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok, dengan melakukan pengerukan, Rabu (31/07/2019).

Pengerukan itu dilakukan dengan menggunakan satu unit alat berat eskavator untuk mengangkat matrial di dasar kali.

Selain menggunakan alat berat, pembersihan Kali Paragan Jati juga dilakukan oleh puluhan petugas dari Dinas PUPR Depok dan Personel Kodim 0508/Depok menggunakan alat berupa cangkul, sekop, pacul garpu garuk sampah dan sebagainya.

Hal ini dilakukan agar kali tidak mengalami pendangkalan, sehingga tidak menghambat lancarnya aliran air menuju hilir.

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Depok, Denny Setiawan mengatakan, selain dalam rangka kegiatan karya bakti TNI, pengerukan tersebut merupakan program kerja dari Dinas PUPR.

“Aksi bersih-bersih Kali Paragan Jati ini merupakan giat bersama Kodim 0508/Depok, dalam rangka karya bakti TNI,” kata Denny di Depok, Rabu (31/07/2019).

Menurut Denny, dikerahkannya escavator spider pada kegiatan normalisasi Kali Paragan Jati tersebut dikarenakan sulit dikerjakan dengan manual.

“Untuk mengangkat lumpur yang ada di dasar kali, sulit dilakukan dengan tangan manusia, makanya kita gunakan eskavator,” jelasnya.

Pengerukan menggunakan alat berat, kata dia, hanya sebuah alat bantu semata. Karena tenaga satgas normalisasi masih dibutuhkan untuk membersihkan material lainnya yang ada di dasar dan di sekitar kali.

“Semoga normalisasi yang kami lakukan ini dapat menyadarkan masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan kali,” pungkasnya. (Boy)