Ratusan Anggota Linmas Ikuti Pembekalan Peningkatan Peran dalam Menjaga Kamtibmas

0
Ratusan anggota Linmas se-Depok mengikuti pembekalan peningkatan peran dalam menjaga kamtibmas di Hotel Bumi Wiyata Depok, Rabu (11/09). Foto: Boy

DEPOK – Ratusan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Depok mengikuti pembekalan peningkatan peran, dalam menjaga stabilitas keamanan melalui siskamling di Aula Hotel Bumi Wiyata Depok, Rabu (11/09/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Satpol PP Kota Depok ini menghadirkan narasumber Kapten Inf Suwarno dari Kodim 0508/Depok.

Dalam materinya, Kapten Inf Suwarno yang juga sebagai Wadanramil 06/Cimanggis menyampaikan tentang deteksi dini terhadap penanganan berbagai ancaman keamanan.

“Sebagai anggota Linmas, kita harus mampu menjaga situasi lingkungan senantiasa dalam keadaan kondusif,” kata Suwarno dalam paparannya di Hotel Bumi Wiyata Depok, Rabu (11/09).

Karena itu, Suwarno meminta kepada anggota Linmas untuk dapat mengdetiksi dini segala hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapten Inf Suwarno memberikan pembekalan kepada 126 anggota Linmas tentang peran dalam menjaga kamtibmas, di Hotel Bumi Wiyata Depok, Rabu (11/09). Foto: Boy

Menurut Suwarno, dalam menjaga kamtibmas, anggota Linmas perlu melakukan koordinasi dengan petugas-petugas terkait. Hal itu, kata dia, menjadi penting bagi semua pihak agar dapat ditangani dengan baik.

“Jadi jika kalian (angota linmas-red) menemui suatu permasalahan, segera laporkan ke Babinsa ataupun Babhinkamtibmas, agar masalah tersebut cepat ditangani,” ujarnya.

Pada pembekalannya, Suwarno juga meminta kepada seluruh anggota Linmas agar selalu melaporkan segala sesuatu yang ditemui di lingkungan.

Selain itu, Linmas juga diminta untuk proaktif, tidak hanya menunggu laporan saja baru bertindak.

“Ini merupakan bentuk deteksi dini dalam menjaga kondisi lingkungan selalu dalam kaadaan kondusif,” pungkasnya. (Boy)