Setu Sawangan Bojongsari Depok akan dijadikan Ikon Destinasi Wisata

0


Depok – Akan dijadikan Ikon Destinasi Wisata, Setu Sawangan Bojongsari Depok, Kelurahan Sawangan-Kecamatan Sawangan dan Kelurahan Bojong Sari -Kecamatan Bojong Sari mulai dikerjakan.

Menurut Kabid SDA Dinas PUPR Denny Setiawan,ST, Setu Sawangan Bojong Sari akan di jadikan Ikon Depok sebagai Destinasi wisata, seperti yang ada di Setu Babakan Jakarta Selatan.

“nantinya akan dibangun fasum seperti jogging track,Taman untuk bersantai Keluarga ,Lampu penerangan ,serta fasilitas lain yang bermanfaat”,katanya kepada sketsa di kantor Dinas PUPR Depok (18/10).

”Harapan saya ,sangat di butuhkan peran serta masyarakat demi tercapainya tujuan mulia ini sebab Setu ini, termasuk salah satu yang paling unik di Kota Depok,

Manfaat dan tujuan dari normalisasi setu ini agar masyarakat dapat menikmati dan melakukan kegiatan aktifitas di areal setu, maka mari kita jaga dan kita pelihara bersama setu ini ,”papar Denny.

Di tempat yang sama Bahtiar Ardiansyah,ST.Kasi Operasional dan pemeliharan SDA mengatakan,”Ada dua tahap pengerjaan yang sebenarnya akan di lakukan di Setu Sawangan Bojongsari,namun pada tahap awal ini pengerjaan focus pada normalisasi setu.

“Tujuan normalisasi adalah untuk memaksimalkan daya tampung air di sekitar setu,agar bila musim hujan datang masyarakat tidak lagi mengalami banjir,sedangkan jika saat musim kemarau debit air di setu juga tidak berkurang,sehingga biota air tetap terjaga,” ujarnya

Dikatakannya dengan dimulai tahap awal normalisasi ini,setu akan menjadi lebih baik.Jika selama ini kita mendapatkan banyak gulma / apu-apu( tumbuhan air) lainnya tumbuh diareal setu tersebut ,nantinya sudah akan tidak ada lagi.

“Jika setunya bersih tentu masyarakat sekitar akan menjadi lebih nyaman berada di areal sekeliling setu dan untuk mencapai tujuan itu peran serta dari masyarakat sangat diperlukan,”jelas Bahtiar .

Seperti Diketahui, Sebagai resapan air dan untuk mengantisipasi penanganan banjir diwilayah Jakarta, ditahun 2019 Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menormalisasi tiga setu sebesar Rp 24 miliar.

Ada tiga situ yang dinormalisasi dan direvitalisasi oleh DKI Jakarta yakni Situ Sawangan, Situ Rawa Besar dan Situ Pladen. Semua air situ ini mengalir ke Jakarta. (Dot)