Tim Pemeriksa Kesehatan Cek Hewan Qurban dalam Bazar Ternak DISNAK Jatim 2019

0

Jatim – dalam rangka Bazar Ternak Qurban dan Pelepasan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Antemortem-PostMortem pada hewan Qurban dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Jl A Yani 202 Surabaya selama 5 hari dari tanggal 7 sd 11 Agustus 2019.

Pembukaan Bazar Ternak Qurban digelar mulai hari ini tanggal 8 Agustus 2019 namun pemeriksaan hewan qurban sudah dilaksanakan mulai hari senin dan serentak dilaksanakan di kabupaten kota se Jawa Timur. Dari Prov Jatim telah melakukan sosialisasi kepada dinas Kab/Kota dan petugas pemotongan takmir masjid, sebanyak 150 orang dan diikuti juga dinas kab/kota se-Jatim.yang Melibatkan PDHI Cabang Jatim I-10, FKH UB, UNAIR, UWK, kurang lebih 1000 orang.

Peserta yang hadir dalam acara Pembukaan Bazar Ternak Tahun 2019 sebanyak 300 orang yang terdiri dari 170 orang dari lingkup Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, 65 orang Petugas Am-Pm Hewan Kurban, Pemenang Lomba RPH-R dan Peternakan Unggas 10 orang, Takmir Masjid 30 orang, Pedagang Ternak 15 orang dan Undangan lain 10 orang.

Dalam acara Bazar Ternak Qurban ini diagendakan empat kegiatan sekaligus yang saling melengkapi, keempat kegiatan tersebut adalah:

Penjualan/menyediakan hewan qurban yang sehat yang diikuti oleh 11 stand yakni 3 stand ternak sapi dan 8 stand ternak kambing sebelum menjadi ring road banyak dengan total ternak sebanyak : 400 ekor (50 ekor sapi dan 350 ekor kambing) sudah terjual tadi malam 11 ekor.

Pelepasan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan AnteMortem-PostMortem Hewan Qurban secara simbolis terhadap 300 petugas baik medik veteriner (dokter hewan) maupun paramedik veteriner), dengan total petugas se Jawa Timur sebanyak 1.250 orang.

Pemberian penghargaan kepada Kepala Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten/Kota yang telah menginisiasi Rumah Potong Hewan berstandar, bersertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

Pemberian penghargaan kepada peternak yang telah mengimplementasikan biosecurity guna pencegahan penularan penyakit hewan menular strategis dan Zoonoosis.

Tujuan dilakukan Bazar Hewan Qurban dan Pelepasan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan AnteMortem-PostMortem hewan Qurban adalah sebagai berikut :

Mengedukasi masyarakat bagaimana menyediakan/menjual hewan qurban yang sehat dan menjual berdasarkan berat badan (bukan taksiran) sehingga terjadi kepastian harga antara penjual dan pembeli .

Memastikan bahwa hewan qurban yang dijual telah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan dan dikeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (Sertifikat Veteriner/SKKH).

Mengurangi potensi penularan penyakit hewan yang bersifat zoonosis akibat penjualan hewan qurban yang tidak sehat.

Memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi melakukan penjaminan kesehatan hewan secara mandiri.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur drh. Wemmi Niamawati, MMA juga Menyampaikan permohonan Izin kepada Bapak sekda tahun depan pelepasan bisa dilaksanakan dikantor Grahadi dan kita libatkan yang terdiri dari, takmir masjid, FKH Unair, FKH UB, FKH UWK serta PDHI. (Yoyok /Nining)