Ulu – ulu Desa Tegalampel Dikecam Sejumlah Petani

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Ulu-ulu merupakan pejabat pamong desa bekerja khusus mengurusi pengairan, yang melaksanakanĀ tugas Kepala Desa di bidang pengairan. seperti pengumpul, pengolah dan pengevaluasi data di bidang pengairan dan lingkungan hidup.

Bahkan pembina dan pembimbing kegiatan Petani dalam pengelola Irigasi Desa sama sekali tak diterapkan di Desa Tegalampel Kec. Tegalampel, untuk mendapatkan air para Petani harus merongoh kocek ratusan ribu rupiah agar kebagian Air, itupun harus menuggu lama dan terkesan diberlakukan sistem lelang oleh oknum Ulu-ulu.

Hal ini di alami oleh, Rifa’i salah satu petani yang sudah memberi Uang sebesar Rp. 250 Ribu hanya untuk mengairi sawah seluas 300 Da, namun hampir 1 bulan Uang habis Air ludes dan bibit Tembakau yang sudah kadung dicabut justru kering dan mati lantaran tidak ditanam karena sawah kering.

” Malah Ulu-ulunya yaitu, Tlb (inisial) mengairi Sawah milik Orang lain yang justru tanpa pemberitahuan terlebih dulu kepada saya, mungkin saja mereka bayarnya lebih besar dari pada Saya, ” Kata Rafi’i minggu (08/07).

Dan hal ini menurut Rafi’i sudah ia laporkan kepada Pengurus HIPPA Gabungan yakni, Ust. Abd. Mannan Desa Mandiro, ” Ia berjanji akan segera menindak lanjuti persoalan ini, bahkan mulai saat ini hingga 3 hari kedepan Air dari hulu di fokuskan ke wilayah Tegalampel, ” Tuturnya.

Ironisnya, masa jabatan Ulu-ulu di Desa tersebut sudah berakhir Januari 2019, akan tetapi tak satupun pihak Pemerintah Desa berinisiatif mengadakan pemilihan Ulu-ulu walaupum masa kerjanya sudah berakhir yakni selama 3 Tahun apalagi munculnya dugaan praktek jual-beli Air untuk lahan pertanian yang memanas di Desa tersebut.

” Memang ini adalah tugas dari pengurus HIPPA Tunggal terkait Pergantian atau perpanjangan Ulu-ulu, itupun harus melalui mekanisme Musdes dengan para Petani yang harus diketahui oleh pihak Desa, kalau sepakat ya kita tetapkan ulu-ulu yang lama, tapi kalau tidak ya segera Kita adakan pemilihan Ulu-ulu sebagaimana di Desa lainnya, agar suasana yang sempat memanas bisa redam, ” Ujar, N (inisial).

Terpisah Ust. Abd. Mannan membenarkan adanya persoalan krisis Air pertanian menimpa Petani Desa Tegalampel bahkan sempat mencuat, ” Hal ini sudah Saya antisipasi dengan mengambil langkah Air yang ada saat ini kami arahkan ke wilayah tersebut, dan Kami sudah lakukan musyawarah dengan para Petani diwilayah tersebut beberapa hari yang lalu, ” Ungkapnya.

Prihal permintaan petani agar dilaksanakan Pemilihan Ulu-ulu di Desa Tegalampel, ia berjanji akan koordinasi dengan Pengurus HIPPA Tunggal di Desa tersebut, ” Kalau mendesak ya. secepat mungkin segera dilaksanakan Musdes dengan membentuk Panitia Pemilihan Ulu-ulu agar suasana di Desa tersebut kondusif terutama para Petani. ” Tukasnya saat dikonfirmasi, ( Bam” S )