Wali Kota Depok Bentuk Tim Tanggap Bencana

0
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menghadiri acara Pembinaan Kader Posyandu Terintegrasi Kota Depok Tahun 2019 di Balai Kota Depok, Jumat (08/11/ 2019). Foto: ist

DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris membentuk tim khusus tanggap bencana saat musim hujan, seperti banjir dan pohon tumbang.

Idris mengatakan, tim tanggap bencana dikomandoi oleh Damkar Bidang Kebencanaan Kota Depok. Tim khusus ini memiliki tugas penyelamatan ketika bencana melanda di wilayah Kota Depok.

“Pohon tumbang ini memang kebanyakan di jalan provinsi dan nasional. Kita sudah koordinasi dan sudah mendapatkan izin ketika ada bencana kita bisa langsung intervensi,” kata Idris di Balai Kota Depok, Jumat (08/11/2019).

Selain penyelamatan ketika bencana melanda, lanjut Idris, tim tanggap bencana juga melakukan antisipasi bencana. Mereka akan memeriksa pohon-pohon yang rawan tumbang saat hujan disertai angin kencang.

“Sudah kita periksa semua. Sedangkan kejadian yang kemarin yang banyak pohon tumbang itu kejadian luar biasa. Jangankan pohon, tower saja bisa ambruk,” ujarnya.

Menurut Idris, pemetaan wilayah rawan banjir sudah dilakukan oleh pihaknya. Dia menyebut, sejumlah wilayah yang rawan banjir karena faktor tanah membentuk cekungan.

“Ada potensi banjir dan kita sudah tata dengan baik dengan membuat beberapa saluran air. Dan ada juga daerah yang susah ditata karena lokasinya mirip dengan kuwali sehingga bikin saluran saja susah. Contoh kaya Taman Duta yang setiap tahun pasti banjir,” jelasnya.

“Kita cari akal dan bisa kita aliri air dari setu tidak jatuh ke sungai. Jadi (air) di Taman Duta kita alirkan ke Sungai Sugu Tamu dan kita minta kerja sama dengan pengelola tol. Dan Allhamdulillah pihak tol mau menyiapkan pompa sehingga ini bisa diantisipasi,” katanya. (Boy)