Walikota Depok Imbau Masyarakat Tak Gunakan Plastik untuk Daging Qurban

0

Walikota Depok KH. Muhammad Idris
Wali kota Depok KH. Mohammad Idris bersama Wakil Walikota Depok, Pradi Supriyatna menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan bungkus daging qurban dengan besek atau non plastik. Melalui surat edaran tersebut, dirinya juga memantau di tingkat Kelurahan.

“Sebab, di tahun kemarin dengan penggunaan plastik itu banyak sampahnya, limbah plastik dibuang sembarangan. Ini adalah pembelajaran bagi masyarakat untuk back to nature. Apalagi, penggunaan besek atau daun itu lebih akrab di masyarakat,” ujar Idris, Minggu (11/8/2019), di Balaikota.

Menurut Idris, karena upaya tersebut sebagai bagian dari pembelajaran dan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar peduli lingkungan.

“Tumpukan plastik di TPA sangat susah penanganannya untuk recycle atau ditanam di tanah lama terurainya. “Artinya, sudah seharusnya masyarakat sadar agar tidak menggunakan plastik sebagai tempat daging qurban,” papar Idris.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna memantau proses penyembelihan dan distribusi hewan Qurban. Pihaknya mencatat hewan qurban tahun 2019 di Depok, sejumlah Sapi : 6062 ekor, Kerbau: 26 ekor, Kambing: 11.727 ekor dan Domba: 1611 ekor dengan total jumlah19.426 ekor atau senilai Rp 165.594.700.000.

Pada kesempatan itu Pradi mengajak masyarakat tidak menggunakan plastik untuk daging qurban, Penggunaan non plastik atau menggunakan besek sangat baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Tentunya, ini juga bagian dari tuntutan agama, dan kita berharap agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. (Herlina)