Wujudkan Kota Depok Bersih dan Terbebas Dari Sampah

0

_20161110_135703// Ayo dukung depok untuk zero waste.

Depok – Sketsa Online

Upaya mewujudkan Kota Depok yang bersih dan terbebas dari sampah (Zero Waste City) , dan sesuai target pemerintah pusat hingga 2020 yakni sesuai amanat UU no 18 THN 2008 tentang pengelolaan sampah Pemkot Depok melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Berupaya mengurang sampah yang masuk ke TPA .

Sejak 2006 hingga saat ini di 2016 DKP beserta BLH telah mengupayakan pengurangan sampah melalalui tiga cara, yakn , dari sumber sampah , Skala kawasan melalui Unit Pengolahan Sampah (UPS) dan Pengolahan di Tepat Pembuangan Akhir (TPA). Jelas Kasubid pengawasan dan Penaatan Hukum Lingkungaan BLH Depok Indra Kusuma Cahyadi, ST, MH dijumpai di Kantornya.Kamis (10/11/2016).

Adapun cara – cara pengurangan sampah yang dilakukan yakni di sumber melalui cara sosialisasi ke RT dan Rw dan membentuk bank sampah, “hingga saat ini di Depok sampai sudah memiliki ada 400 bank sampah”. Jelasnya

Selain itu melalui cara pegolahan sampah di unit pengolahan sampah yang sudah ada sekitar 40 UPS sekota Depok, dengan cara memilah lima jenis sampah : Organik , Anorganik , Anoganik kering , Residu dan B3. “Pembuatan pupuk organik dan pemanfaatan sampah di UPS sangat membantu mengurangi sampah yang masuk TPA”.

Pengolahan sampah di TPA cipayung telah menggunakan sistem control landfill serta pengolahan air lindi dan juga telah memanfaatkan gas metan, sedangkan untuk mengurangi bau dengan methode ditutup plastik organik hal itu sampah plastik akan terurai dalam waktu singkat .

img-20161110-wa0012Saat ini umur TPA sudah sangat terbatas yang nantinya sampah akan dialihkan ke TPA regional di wilayah Nambo Cileungsi Kab Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok, Oleh karena itu Pemerintah berupaya keras mengurangi sampah dengan membuat perda dan perwa tentang pengolahan sampah, dan yang terbaru saat ini Peraturan Walikota 58/2016 tentang pengurangan sampah kantong belanja plastik dan wadah makanan minuman berbahan styrofoam. “Upaya ini tidak akan pernah berhenti sampai kapanpun karena semangat mengurangi sampah. Guna dukung plastik berbayar”, ujarnya .

Untuk saat ini pun Pemkot Depok telah membuat gebrakan baru melalui aksi ketuk pintu yakni mengajak semua lapisan masyarakat untuk memilah sampah dengan cara memilah lima jenis sampah : Organik , Anorganik , Anoganik kering , Residu dan B3. Yang bertema Ayo dukung Depok untuk zero waste.

Selain aksi ketuk pintu ,Indra juga menjelaskan kondisi sungai ciliwung yang melintas di Kota Depok, “kondisinya masih bagus dan hijau, sering menjadi sarana rekreasi dan edukasi, dan banyak komunitas yang turut menjaga kelestarian sungai agat tetap bersih” .ujarnya lebih lanjut.( dris ).