10 Tahun Jabat Lurah, Ini Motivasi JAMIK. SP. Jika Dipercaya Warga Jadi Kades Petung

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Sepuluh Tahun bukan waktu singkat untuk sebuah pengabdian, butuh kesabaran dalam menghadapi segala hal. karena jabatan Lurah hampir sama dengan Kades, namun.

Lurah seorang pegawai negeri sipil yang bertanggung jawab kepada camat, sementara kepala desa bisa dijabat siapa saja yang memenuhi syarat (bisa berbeda-beda antar desa) yang dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Hal inilah yang membuat Saya tergugah mencalonkan diri menjadi Kepala Desa di Desa Petung Kec. Curah Dami. Karena kehadiran Kades menjadi sistem penggerak pembangunan. Hal tersebut dikatakan oleh Bacalon Kades Petung JAMIK. SP.minggu (10/10).

” Meski demikian  sehebat apapun program kerjanya membangun desa tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan dan peran serta masyarakat. Sehingga keberhasilan Kades memimpin desanya adalah cerminan sinergitas antara Kades dengan masyarakat dan unsur pemerintahan yang ada di pemerintahan desa. ” Ujarnya.

Bahkan dalam tatanan kehidupan demokrasi figur Kades harus menjadi panutan bagi warganya. Karena seorang Kades lebih dekat dan setiap hari berurusan dengan kepentingan masyarakat.

” Semisal saat ada warga membutuhkan KTP, Kartu Keluarga, acara hajatan selalu berkoordinasi dengan Kades. Dan dipastikan seorang kepala desa dalam situasi apapun akan melaksanakan tugasnya untuk mengakomodasi kepentingan masyarakat kapanpun dan dimanapun, tidak hanya pada saat kita butuh dukungan yang selalu dekat dengan warga.” Ujarnya.

Kerena Kepala Desa dipilih masyarakat, jadi sudah seharusnya mengemban amanah dan kepercayaan masyarakat. Kades adalah pelayan masyarakat, sekaligus menjadi pelindung dan pengayom warga.

Kalau soal loyalitas, dedikasi Kades dalam membangun tidak diragukan lagi. Sebab, satu-satunya jabatan yang dekat dengan masyarakat, tanpa batas dan jarak hanya kepala desa. Tanpa kehadiran Kades, maka tidak bisa terbayangkan masyarakat akan menyandarkan kepentingannya ke mana.

“Nah, disitulah pentingnya Kades dalam mengemban amanah dan tanggungjawab sebagai pemimpin desa, Kades itu leadership atau pemimpin desa tanpa jarak dengan warganya. Benar, jika pepatah menyatakan Kades itu banyak melakukan kegiatan secara ikhlas dan penuh pengabdian,” Tutup Jamik. ( Bam” S )