326 Siswa Dikmata TNI AD Dilantik

0
Kasdam Jaya melakukan pengecekan pasukan pada upacara pelantikan siswa Dikmata Prajurit Karier TNI AD di Rindam Jaya. (Foto: istimewa).

JAKARTA – Sebanyak 326 siswa lulusan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier TNI AD Tahun Anggaran 2018, Gelombang I secara resmi dilantik menjadi TNI AD. Para siswa yang dilantik, sebelumnya telah dididik selama 20 minggu di Rindam Jaya.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah sebagai Prajurit TNI AD dan penyematan tanda pangkat Prajurit Dua (Prada) serta pemberian ijazah oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Pangdam Jaya.

Menurut Kasdam, pelantikan Dikmata ini merupakan titik awal bagi Tamtama baru untuk memulai kehidupan dari warga sipil menjadi seorang Prajurit TNI AD.

“Atas keberhasilan yang diraih para Prajurit, Pangdam menyampaikan penghargaan kepada para orang tua sekaligus meminta agar tetap mendampingi dan memotivasi untuk lebih berprestasi dalam pengabdian kepada TNI,” kata Kasdam membacakan amanat Pangdam di Lapangan Chandradimuka Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur, Sabtu (8/9/2018).

Karena itu, kata dia, arahan dan bimbingan tetap dilakukan, agar mereka berlaku sesuai jati diri seorang Prajurit TNI yang rendah hati dan tidak arogan.

“Selalu bersikap santun dalam setiap ucapan serta perbuatan, sehingga mencintai dan dicintai oleh rakyat,” pungkasnya.

Pelantikan juga dimeriahkan dengan atraksi-atraksi memukau yang disuguhkan oleh para lulusan Dikmata, seperti bongkar-pasang pistol dan senapan dengan mata tertutup, mountenering, simulasi HR (Halang Rintang), rayapan tali dan antraksi lainnya.

Pertunjukan ini mendapat tepuk tangan meriah dari undangan dan keluarga yang hadir. Kekompakan mantan siswa dengan yel-yelnya, pun menuai tepuk tangan hadirin.

Selanjutnya, mantan siswa yang kini telah menyandang pangkat Prada itu akan mengikuti pendidikan gelombang II di kejuruan masing-masing.

Turut hadir dalam pelantikan, Irdam Jaya Kolonel Inf Rifky Nawawi, Danrindam Jaya Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia, para Asisten, Perwira LO AL dan AU, para Kabalak dan Komandan Satuan Kodam Jaya. (Boy)