5 tips belajar bahasa Inggris jaman now

0
Foto : Ist

Sering banget banyak yang nanya ka gimna sih belajar bahasa Inggris????

Kemungkinan besar selama ini kamu mempelajari bahasa Inggris disekolah dengan fokus pada grammar dan Vocabulary singkat nya kamu belajar bahasa seperti halnya kamu belajar jenis pengetahuan lainya dan kamu akan di tes lewat ujian bisa dibilang kamu belajar hanya untuk ujian. Tapiiii sebenarnya kegunaan belajar bahasa asing adalah untuk dapat berkomunikasi. Nah dalam mencari metode belajar bahasa supaya tujuan ini tercapai disini ada 5 tips yang akan saya sampai kan .

Pertama kita bisa berguru sama bayi, pernah gasih kamu ngeliat bayi belajar grammar??? Dari buku atau nanya-nanya seluruh kalimat subjek, predikat, objek engga kan? Bayi belajar bahasa dengan dengerin orang tuanya ngomong, dia akan ngamatin pola-pola bahasa dan nyoba ngomong. Orang tuanya yang akan ngasih tau kata-kata yang bener tuh gimna sihh hingga akhirnya sibayi ini tau gimana caranya nyusun kata-kata supaya enak di dengar dan orang lain ngerti . Yaa rupanya kita belajar bahasa secara alami dengan mendengar dan yang penting lagi proses belajar bahasa ini dilakukan setiap harinya. Dari sinilah kita bisa mencoba menggeser metode belajar kita yang tadinya belajar grammar dan Vocabulary baru listening dan speaking jadi sebaliknya belajar listening dan speaking dulu baru grammar dan Vocabulary dan ini harus dibuat sebuah kebiasaan

1. Rajin-rajin dengerin lagu berbahasa Inggris

Menurut susana zaraysky seorang poligot yang berbicara 7 bahasa, dia bilang “bahasa adalah musik” dan Dia menyarankan orang-orang yang mau belajar bahasa asing untuk banyak-banyak mendengarkan lagu sampai kamu hafal. Kemudian mulai cari tau liriknya apa kata-kata ini maksudnya apa.

2. Sering-sering nonton film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris

Selain melalui suara ebenarnya kita juga selalu mengamati mimik muka dan cara ngomong si orang nya karna bahasa Inggris itu tidak hanya sekedar suara dan kata-kata tapi juga bahasa tubuh. Nahh dengan nonton film kamu bisa ngamatin gak cuma kalimat apa yang enak tapi juga gimana sih ngomong nya , bahasa tubuhnya pas ngomong gimana. Dan selama pas nonton film pake subtitle bahasa Inggris biar kamu tau gimana ngomong kata apa. Setelah itu cari-cari artinya di kamus kalau kamu ga paham maksud kalimat nya.

3. Cari temen ngobrol dalam bahasa Inggris sama kayak olahraga, kita ngomong pun butuh koordinasi otot jadi kita butuh latihan ngomong samapai orang lain ngerti maksud kita apa. Ngebiasin otot kita untuk ngomong bahasa Inggris . Dan disini pentingnya punya guru atau tutor yang merupakan seorang native speaker atau penutur asli dialah yang bakal jadi orang tua bahasa Inggris kamu. Kayak orang tua kamu yang udah ngajarin bahasa ibu.

4. Tinggal dinegara yang berbahasa Inggris.

Ini adalah tips paling ampuh kalau orang-orang disekitar kamu cuma ngerti bahasa Inggris mau gak mau kamu akan belajar dengan extra karena kalau misalnya kamu gabisa menyampaikan maksud kamu , bisa-bisa kamu ga makan, ga bisa beli barang-barang, gabisa kerja atau sekolah dan lain-lain. Yang penting kamu harus bener-bener make bahasa Inggris dan ngobrol sama orang-orang sana ga cuma ngobrol sama orang orang-orang Indonesia doang . Karena percuma tinggal dilingkungan yang berbahasa Inggris kalo misalkan kamu ga manfaatin itu buat rutin ngomong pake bahasa Inggris.

5. Pake aplikasi belajar bahasa Inggris

Nah kalo nyari temen ngobrol atau tinggal di negara berbahasa Inggris dirasa terlalu sulit kamu bisa nyari aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kamu berbicara dengan natif speaker secara rutin.

Sebenarnya fenomena belajar bahasa ini ada banyak banget yang bisa dibahas mulai dari cara kerja otak dalam belajar bahasa sampai tips-tips memperbanyak Vocabulary . Tapi segitu dulu yang bisa aku bahas, kamu bisa share apa sih motivasi kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Oleh : Nelly sumarni Mahasiswi STEI SEBI