ANTISIPASI BENCANA BANJIR, PJ KADES SUKOSARI LOR MAKSIMALKAN DD TAHAP 3

0

BONDOWOSO| Sketsaonline. Com – Pemanfaatan Dana Desa di Desa Sukosari Lor Kec. Sukosari kali ini untuk pembangunan infrastruktur berupa pembangunan saluran Drainase yang terletak di dusun pasar Rt. 04 Rw. 01.

PJ. Kepala Desa Sukosari Lor yakni ” Saiful Bari ” sengaja merelokasikan 40 % dari tahap 3 anggaran DD untuk kegiatan pembangunan saluran tersebut, menurutnya, ” keberadaan saluran air perlu diperhatikan guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir terutama memasuki musim penghujan. ” Katanya Selasa (29/01).

Ia juga menambahkan, ” Jika yang dibangun hanya infrastruktur jalan saja, sementara sistem drainase desa ini tidak diperhatikan, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi bencana banjir, Sebab ketika hujan debit air akan melonjak dan kalau saluran drainase yang ada tak mampu menampung, maka akan menimbulkan banjir atau tanah longsor”.Tuturnya.

Dan berharap adanya kritik serta saran dari warga setempat terkait kepemimpinannya demi terwujudnya pemerintahan desa yang aman serta kondusif, ” Kita akan bersama dengan masyarakat membangun sarana maupun prasarana terlebih membangun SDM yang ada di wilayah ini agar tercipta suasana yang tentram serta damai”,Imbuhnya.

Senada dengan yang dituturkan oleh, Ketua LPMD Desa Sukosari Lor yakni, Haryadi, kalau pembangunan infrastruktur jalan di pedesaan memang sangat diperlukan guna mendorong optimalisasi potensi desa.

“Namun jika saluran air tidak diperhatikan akan mempercepat kerusakan fisik jalan itu sendiri dan ketika saluran air tidak diperhatikan, usia jalan tidak akan lama bahkan cepat rusak,” tandasnya.

Terpisah, salah satu warga setempat juga menambahkan kalau saat ini banyak pengembang perumahan yang tidak memperhatikan drainase untuk pembuangan air.

“Sehingga saat turun hujan deras, airnya tidak terarah ke saluran air namun ke jalanan dan halaman. akibatnya air menggerus bangunan talud dan tanggul sehingga terjadi banjir, dan Kami bersyukur khususnya kepada PJ. Kepala Desa yakni Saiful Bari yang telah merelokasikan DD tahap 3 untuk pembangunan darinase di dusun pasar ini. ” Tukasnya. ( Bam” S ).