Antisipasi Terjadi Kebakaran Lapas Kelas II A Pematangsiantar Bersama Damkar P.Siantar Lakukan Sosialisasi

0

Sketsaonline.com -Pematangsiantar
Mengantisipasi agar tidak terjadi kasus kebakaran seperti di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanggerang,Banten beberapa waktu lalu. Lapas Kelas II A Pematangsiantar bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pematangsiantar melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran, Selasa (14/09/2021).

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Pematangsiantar ,Rudi Fernando Sianturi mengatakan,bahwa kesiatan sosialisasi ini bertujuan penguatan kepada jajaran pengamanan dalam hal pengawasan dan pengamanan terutama dalam hal instalasi listrik guna menghindari korsleting listrik sehingga dapat menyebabkan kebakaran.
“Sosialialisasi ini bertujuan untuk pemahaman kepada jajaran pengamanan Lapas Kelas II A Pematangsiantar dalam hal pengawasan dan tentang instalasi listrk guna mengantisipasi agar tidak terjadi konsleting listrik dan cara melakukan tindakan cepat mengatasinya,”ucap Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar.

Sementara itu,Kepala Bidang Kebakaran Kota P.Siantar ,Drs.Jhosua Suhaliho melalui Kasie Penyuluhan dan Bantuan Teknik Pemadaman Kota P.Siantar,Drs. S.manurungvdalam arahannya menuturkan ,bahwa sangat penting pengetahuan dasar dalam pemadaman api ringan dengan menggunakan alat tradisional maupun Alat Pemadam Ringan (Apar).

“Bekal dasar bagi petugas dalam melaksanakan Tugas apabila terjadi kebakaran sebagai pertolongan /tindakan awal, Baik di tempat tugas maupun di rumah dengan cara menggunakan Apar atau alat tradisional lainnya sebagai pencegahan tidak terjadi kebakaran,”tutur Drs.S.Manurung.

Usai melakukan simulasi ,Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar mngucapkan Terimakasih kepada Damkar Kota Pematangsiantar yang telah membantu dan memberikan pengetahuan sebagai bekal dasar dalam pencegahan dan pemadaman api ringan, sehingga petugas lapas mengerti dan memahami penanganan dan langkah yang harus di lakukan ketika terjadi insiden kebakaran.(Soib Yusuf Siahaan)