Antusias Poktan Subur Tani 2 Desa Trebungan Mendapat Program UPPO TA 2020

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Kelompok tani (Poktan) Subur Tani 2, Desa Trebungan, Kecamatan Taman Krocok, menerima bantuan satu unit pengolahan pupuk organik (UPPO) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Program Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) yang dilengkapi dengan rumah kompos, alat pengolah pupuk organik, ternak, kandang komunal, bak fermentasi dan kendaraan roda 3 ini untuk menyediakan fasilitas terpadu pengolahan bahan organik (jerami, sisa tanaman, limbah ternak, sampah organik) menjadi kompos (pupuk organik).

Hal ini dikatakan oleh Ketua Kelompok Tani Subur 2 Desa Trebungan, Yakni Sawir, ia mengapresiasi kinerja dari pemerintah desa, Kabupaten dan Propinsi yang telah peduli terhadap petani di Desa Trebungan.

” Dengan adanya program ini Kita bisa mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan yang dimiliki kelompok peternak sebagai bahan baku kompos (pupuk organik) dan membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik, oleh dari dan untuk petani serta mensubstitusi kebutuhan pupuk an-organik juga memperbaiki kesuburan dan produktivitas lahan pertanian, ” Katanya.

Bahkan disamping meningkatkan populasi ternak program ini menurut ketua Poktan Subur Tani 2 ” Juga membuka kesempatan berusaha dan lapangan kerja di pedesaan, media pelatihan dan penelitian bagi berbagai kalangan masyarakat, termasuk petani, mahasiswa dan karyawan serta melestarikan sumberdaya lahan pertanian dan lingkungan. ” Ujar Sawir saat membantu mengankut Material bangunan kandang. ( Bam” S ).