ANUGERAH BAGI WANITA

0

Oleh : Nusaibah Mahasiswi STEI SEBI

ALLAH SWT telah memberikan kelebihan bagi kaum wanita. Maka dari itu wanita hendaknya dapat memberdayakan kelebihan yang dianugerahkan itu kepadanya. Dengan pemberdayaan anugerah itu, wanita akan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi umat.

Pertama, anugerah kasih sayang. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada saat menciptakan langit dan bumi, Allah menciptakan seratus rahmat. Setiap rahmat memenuhi jarak antara langit dan bumi. Dari seratus rahmat itu, Allah menurunkan satu rahmat ke muka bumi. Dengan rahmat itu seorang ibu menyayangi anaknya, sebagian binatang buas dan burung menyayangi sebagian yang lain.” (HR Muslim).

Kedua, anugerah terkabulkannya doa. Rasulullah SAW bersabda, “Tiga doa pasti akan dikabulkan, tidak ada keraguan didalamnya; doa seorang yang teraniaya, doa seorang musafir, dan doa kedua bapak ibu terhadap anaknya.” (HR Bukhari).

Ketiga, anugerah kehamilan. Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda, “Wanita yang meninggal dunia dalam keadaan hamil maka ia meninggal dunia sebagai syahid.” (HR an-Nasai, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Dalam hadits yang lain, berkat potensikehamilan yang ada pada diri seorang wanita, ia layak mendapatkan prioritas dari kaum laki-laki untuk menikahinya. “Nikahilah wanita yang penuh kasih sayang dan berpotensi melahirkan banyak anak.” (HR Abu Dawud).

Keempat, anugerah pelayanan. Dari Abu Hurairah RA bahwasanya Fathimah RA mendatangi Nabi SAW untuk meminta seorang pelayan dan mengeluhkan beratnya peerjaan rumah tangga. Beliau menjawab, “Kamu tidak akan mendapatkan apa yang kamu inginkan pada diri kami. Maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik bagimu dadri seorang pelayan. Ucapkanlah Subhanallah tiga puluh tiga kali, alhamdulillah tiga puluh tiga kali, dan Allahu akbar tiga puluh tiga kali ketika hendak berbaring di tempat tidurmu.” (HR Muslim).

Kelima, anugerah keberkahan. Rasulullah SAW bersabda, “Di antara tanda-tanda keberkahan seorang wanita adalah mudah pinangan nya, mudah maharnya, dan mudah rahimnya untuk melahirkan.” (HR Hakim).

Dalam hadits yang lain, “Di antara keberkahan seorang wanita adalah cepat pernikahannya dan cepat rahimnya melahirkan anak.” (HR Baihaqi).

Semoga Allah membimbing kita sebagai kaum wanita agar dapat memberdayakan anugerah yang telah diberikan kepada kita, sehingga wanita dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi umat ini. Amin.