Bagaimana Seorang Muslim Menyikapi Pandemi COVID-19

0

Oleh : Afifah Uswatun Nisa Mahasiswi STEI SEBI

Saat ini, Indonesia sedang mengalami masa-masa sulit, yang dimana penduduknya sedang dilakukan lock down artinya tidak boleh keluar rumah kecuali ada hal yang penting. Nah, dengan dilakukannya lock down seperti ini bertujuan agar mempercepat terputusnya mata rantai penyebaran Virus Corona. Hal ini tidak luput dari kuasa Allah, sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Allah SWT.

Dalam salah satu hadist Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kalian meninggalkan tempat itu,” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Hadist yang diriwayat oleh Imam An-Nawawi, Rasulullah SAW bersabda “Allah SWT. Berfirman “Siapa yang tidak ridha dengan keputusan-Ku dan tidak sabar atas ujian-Ku, maka hendaklah ia mencari Tuhan selain Aku.”

Dari kedua hadist di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ketika seseorang atau suatu negara mendapatkan musibah bahkan wabah yang dapat menularkan penyakit maka diharuskan untuk bersabar serta ridho atas kehendak yang Allah timpahkan kepada kita. Dan janganlah kita keluar dari daerah yang terkena wabah tersebut agar tidak menyebar luas ke daerah lain demi kemashlahatan ummat.

Walaupun kita sedang melakukan lock down, kita tidak boleh bermalas-malasan di rumah. Buat diri kita menjadi produktif agar waktu yang kita lewati tidak sia-sia begitu saja. Nah, apa saja sih yang bisa kita lakukan ketika sedang berada di rumah agar menjadi seorang yang produktif? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut:

Mengikuti Seminar Online.

Pada saat ini banyak kegiatan yang dilakukan di dalam rumah, misalnya mengikuti seminar online, kajian online, bahkan lomba pun online. Walaupun bersifat online, kita dapat mengikuti acara dari awal sampai akhir dan juga kita tetap bisa menambah wawasan serta ilmu yang kita dapatkan dari acara online tersebut.

Menambah Hafalan Al-Qur’an

Di bulan Ramadhan kali ini terasa berbeda karena solat tarawih yang biasa dilakukan di masjid atau di musollah, sekarang dilakukan di rumah masing-masing. Dan biasanya dibulan Ramadhan juga sering diadakannya pesantren kilat, tapi sekarang dilakukan secara online via mobile phone. Nah, kebaikan apapun yang kita lakukan pada saat bulan Ramadhan, Allah SWT lipat gandakan pahalanya. Salah satu nya dengan menambah hafalan Al-Qur’an, ketika kita menghafalkan Al-Qur’an dan mengamalkannya kepada kehidupan sehari-hari. Maka Allah SWT telah menjanjikan jubah kebesaran dan juga mahkota yang akan disematkan kepada kedua orang tua kita ketika di akhirat nanti.

Mengembangkan Hobi

Dalam keadaan seperti ini, waktu yang pas untuk kita mengembangkan hobi yang kita miliki. Ketika kita memiliki hobi memasak, maka setiap harinya kita akan mencoba masak dengan berbagai masakan yang sebelumnya kita belum pernah mencoba untuk memasaknya, mencoba hal baru lebih tepatnya. Kemudian yang hobinya menulis cerpen, kita juga bisa kembangin hobi menulis kita. Berawal dari menulis apapun yang kita rasakan, kemudian kita jadikan sebuah cerita, lalu ceirta itu kita kembangkan agar menjadi cerita yang enak untuk dibaca .

Merapikan Serta Membersihkan Rumah.

Sebelum adanya pandemi ini mungkin dari kita ada yang jarang atau bahkan sangat jarang untuk membersihkan dan merapikan rumahnya sendiri. Tetapi dengan adanya pandemi yang sekarang, menjadikan seseorang lebih sering untuk membersihkan serta merapikan rumah agar tidak ada kuman atau virus yang menempel pada perabotan rumah tangga.

Membaca Buku.

Buku adalah jendela dunia. Membaca buku akan membuat kita mengetahui hal-hal yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu, menambah ilmu, wawasan yang luas, dan menambah kosa kata kita.