Bagaimna Keadaan Ekonomi Indonesia Saat Ini?

0

Sudah bukan menjadi hal baru terkait adanya pandemi di tahun 2020 ini. Diseluruh dunia, tahun ini dihebohkan oleh wabah covid-19 yang menjadikan negara-negara didunia diharuskan memiliki kebijakan baru dalam menghadapi wabah tersebut. Begitu juga dengan negara kita, yakni Indonesia.

Salah satu kebijakan yang dibuat pemerintah indomesia adalah adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020. Yang berisi “Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditetapkan pada 31 Maret 2020.

Pemerintah Daerah (Pemda) dapat melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk satu provinsi atau kabupaten/kota tertentu. PSBB dilakukan dengan pengusulan oleh gubernur/bupati/walikota kepada Menteri Kesehatan.”

Ketika ada kebijakan tersebut, konsumsi masyarakat untuk sektor transportasi, restoran, hotel, dsb menurun. Ini mengakibatkan terjadinya penurunan ekonomi.

Menurut Sri Mulyani, Kontraksi pertumbuhan ekonomi hingga minus 1,1% sangat mungkin terjadi, mengingat pada kuartal I 2020 perekonomian sudah berada dalam tekanan.

Pada 31 Maret 2020, Presiden RI menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2020 (PERPPU 01/2020) tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan, yang berisi “Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan. Total anggaran untuk ini adalah sebesar Rp 405,1 triliun.”

Tekait hal tersebut, Menurut Rachmad Rizqy Kurniawan, SEI, MM salah satu dosen mata kuliah Ekonomi Makro di STEI SEBI Depok mengemukakan dalam kuliah online bahwa “Jika suatu negara, konsumsinya lebih tinggi dari pendapatannya, maka negara tersebut tidak optimal memanfaatkan pertumbuhan atau dalam kata lain negara tersebut gagal tumbuh.”

Ini berarti menandakan Indoneisa gagal tumbuh ditahun ini, dan terjadi penurunan ekonomi Negara.

Padahal di tahun ini Indonesia baru saja mendapat status baru menjadi upper middle income, akan tetapi dengan adanya wabah covid-19 bisa memungkinkan indonesia turun status dan terjebak dalam middle income trap yang berkepanjangan. Yang perlu dilakukan yaitu percepat dalam penanganan wabah, dengan begitu bisa cepat kembali normal dan ekonomi bisa tumbuh kembali.

Oleh : Manarul Hidayat, Mahasiswa STEI SEBI