Bantu online kan pedagang kecil, solusi bantu mereka dimasa pandemi

0

Oleh : Rofiatul Umah

Melihat situasi bangsa yang kini semakin bertambahnya pasien covid-19, disaat semua jalan mulai dilockdown satu persatu,dan kini tibalah masanya saat semua orang harus berjuang untuk melawan virus tersebut dengan cara stay at home. Namun berbeda dengan para pedagang kecil diluar sana tak sedikit kita jumpai masih banyak berjejeran pedang kecil dengan semangat dan kegigihannya dalam mencari nafkah demi keluarga kecilnya ,tidak jarang pula kita mendengar alasan-alasan mereka yang membuat hati teriuh dengan nekatnya berjualan disituasi yang sangat mencekam untuk dirinya sendiri.

Disaat pandemi seperti ini kita sebagai kalangan stay at home sangatlah membutuhkan imunitas yang cukup untuk mendangkal virus tersebut. Disini saya akan mengenalkan seorang pedagang kecil yang sangat luar biasa semangat bekerjanya demi memenuhi kebutuhan keluarganya, didalam artikel ini saya akan bercerita tentang seorang pedagang “Kelapa hijau”.

Bapak Hardi adalah seorang pedagang kelapa hijau, ia berjualan didaerah Bekasi Jl.Raya babelan dengan sebuah bangunan mungilnya dan ditemani oleh meja kokoh yang diatasnya terdapat butiran-butiran kelapa yang akan dijual. Pak hardi menjual kelapat ersebut dengan harga yang amat sangat terjangkau dimana harga tersebut masuk dalam kalangan manapun ,beliau menjual 1 butir kelapanya seharga Rp.15.000. Beliau pun bukan hanya menjual kelapa hijau akan tetapi beliau menjual berbagai varian rasa es kelapa sebagai jualan sampingannya. Adapun sedikit ulasan beliau terkait berdagang pada masa pandemi ” alhamdulillah meskipun dalam keadaan seperti ini ada aja yang beli meskipun tidak seramai sebelumnya namun bapak bersyukur karna setiap jualan alhamdulillah kelapanya habis-habis terus, meskipun kadang sepi tapi itu wajar ya namanya dagang de” ujarnya kala itu.

Berjuang dalam situasi seperti ini bukanlah hal yang mudah apa lagi bagi kalangan pedagang kecil seperti ini, mental baja dan semangat membara harus tetap tertanam apapun dan bagaimanapun keadaan demi memenuhi kehidupan.adapun solusi kita sebagai kaum stay at home ialah harus dan wajib untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan kekebalan imun,nah salah satunya ialah dengan meminum air kelapa hijau adapun kandungan air kelapa hijau tersebut ialah :

Menetralisir racun dalam tubuh
Menjaga kesehatan ginjal
Menjaga kesehatan jantung
Meringankan dehidrasi
Mengatasi rambut rontok
Mengatasi sakit kepala
Menyembuhkan alergi pada kulit.

Dan masih banyak lagi manfaat kelapa hijau bagi tubuh kita. Maka dari itu yuk sama-sama kita menjaga kesehatan kita dengan membantu pedagang kecil yang ada disekeliling kita maka ingatlah hadist nabi “Barang siapa yang mempermudah urusan orang lain ,maka allah akan permudah urusannya” , kita sebagai manusia hanya bisa saling tolong menolong pada sesama,mengingatkan satu sama lain dan saling bahu membahu dengan tujuan untuk kemashlahatan ummat. Tetap jaga kesehatan,ikuti aturan pemerintah,karna rebahanmu kali ini adalah penolong untuk tiap-tiap jiwa.

Keep stay at home,semoga artikelnya bermanfaat bagi pembaca dan penulis serta dapat mengambil ibrah untuk pembelajaran dikediupan sehari-hari.