Bantu Pedagang Kecil dimasa Pandemi Coronavirus, Ayo Utamakan Belanja di Tetangga

0

Gerakan #DirumahAja, demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) tak hanya berdampak terhadap sektor Ekonomi Global dan Nasional. Banyak diluar sana yang ikut merasakan Imbasnya. salah satunya pada para pedangan yang menggantungkan biaya hidup sehari-harinya lewat berjualan.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Budhe seorang penjual makanan dengan warung makan sederhananya. Budhe mengaku bahwa semenjak adanya wabah Covid-19 warungnya sepi tak seperti hari-hari biasa, dan menyebabkan pendapatannya menurun.

“dulu seharinya bisa dapat Rp. 200.000 – Rp. 300.000 sekarang hanya sekitar Rp. 80.000 – Rp. 150.000 saja” katanya.

Penurunan omset pendapatan tersebut, kata Budhe, akibat dari sepinya pembeli di warung makan sederhana miliknya, karena banyak masyarakat yang takut keluar dikarenakan wabah Covid-19

Sementara, dari pantauan berita dilapangan, seminggu belakangan ini sudah banyak warung makan yang mulai menutup sementara, dikarenakan lesunya ekonomi ditengah wabah Covid-19

Budhe pun mengungkapkan bahwa warungnya sudah hampir mau ditutup karena untuk biaya bahan bakunya naik dan operasional warung makannya terus mengalami kerugian, namun budhe mengurungkan niatnya untuk menutup warung sederhananya karena itulah satu-satunya matapencaharian Budhe.

Budhe mengaku pasrah dengan kondisi saat ini, namun budhe tidak putus asa, budhe berjualan dan memasarkan jualannya dengan cara menggunakan media sosial dan sejak saya bantu mengiklankan ke teman-teman dan grup alhamdulillah pembelinya lumayan bertambah, meskipun tidak setiap hari dibeli oleh banyak orang.

Kata beliau: “terimakasih mbak, sudah bantu menawarkankan jualan budhe alhamdulillah pembeli jadi bertambah”.ungkap nya.

Mari bantu pedagang kecil disekitar kita, utamakan belanja ditetangga kita.

…. وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa,… (Q.S Al. Maidah: 2)

Oleh: Dhany Widiantari Mahasiswi STEI SEBI