Bantu Warga Terdampak Covid-19. Bank Sampah Induk Rumah Harum Inisiasi Program Sedekah Sampah

0
Foto : Hermansyah Ketua Bank Sampah Induk Rumah Harum

Depok – Bantu masyarakat terdampak Coronavirus atau Covid-19, Bank Sampah Induk Rumah Harum Depok menginisiasi program sedekah sampah terpilah dan Barang Bekas Berkualitas (BARBEKU)

Hermansyah Ketua Bank Sampah Induk Rumah Harum mengatakan adanya inisiasi program tersebut artinya sampah yang sudah terpilah kami tawarkan disedekahkan. setelah terkumpul pihak kami siap jemput dari rumah ke rumah.

“Pemilahan tidak harus detail. Dari hasil sedekahnya nanti kami uangkan selanjutnya akan dialokasikan untuk membantu kawan-kawan penggerak lingkungan yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi covid 19″ujar Hermansyah dihubungi sketsa ( 7/5).

Dikatakan Herman, Bank Sampah Induk Rumah Harum sejak 2013 mendampingi Bank Sampah Unit di kota Depok baik dalam mengedukasi ataupun pengangkutan sampah hasil pemilahannya.

Namun sejak diberlakukan PSBB di Kota Depok semua kegiatan bank sampah Unit diliburkan karena proses penimbangan dan pemilahan melibatkan banyak orang sehingga ada pengumpulan orang di setiap bank sampah unit di masyarakat.sementara mitra kami ada sejumlah 100 unit bank sampah di sekitar 4 kecamatan.

Pada saat libur PSBB, sementara prilaku memilah sampah masyarakat tetap berjalan. Dikarenakan bank samlah unit diliburkan akhirnya mereka bingung mau dikemanakan sampah hasil pilahannya, bahkan ada yang akhirnya dibuang dan bercampur begitu saja dengan sampah yang lain.

terkait hal itu lanjut Herman, akhirmya kami dari bank sampah Induk Rumah Harum menginisiasi program sedekah sampah terpilah dan BARBEKU (Barang bekas Berkualitas)

“alhamduliah ternyata yang berminat tidak hanya para nasabah bank sampah saja, tapi banyak juga yang menyedekahkan dari beberapa perumahan, bahkan dari luar depok”ujar Herman.

Dirinya berharap, kita semua bisa ikut menjadi kontributor kebaikan dalam kondisi apapun, baik untuk tetap menjaga lingkungan maupun bisa peduli dengan sesama.

“Tak lupa tentunya semoga segala upaya yang kita lakukan bersama ini dapat menjadi amal soleh kita semua yang kelak menjadi tabungan kebaikan di akhirat”, ucap Herman

Pada kesempatan sama Haji Ridwan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengapresiasi adanya program sedekah sampah terpilah dan Barang Bekas Berkualitas (BARBEKU) yang diinisiasi oleh Bank Sampah Induk Rumah Harum .

Program bank sampah ini adalah salah satu program DLHK Depok. Kami selalu membantu sosialisasi dan memberikan sarana prasarana. selama ini pihaknya pun membantu, memfasilitasi serta bekerjasama dengan bank sampah, terutama pemilahan sampah di masyarakat.

Berharap dengan adanya program tersebut masyarakat yang terdampak pandemi Corona, masih bisa melakukan aktifitasnya walau dirumah, sehingga permasalahan ekonomi warga pun tidak terlalu terdampak. Ucap Ridwan. (dotje)