BBWS Brantas Sosialisasi Program Padat Karya P3-TGAI

0

Jatim – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Sosialaisasi tingakat balai dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Padat Karya P3-TGAI di Hotel Utami Sidoarjo Jawa Timur (15/11).

Dalam hal ini BBWS meluncurkan program padat karya tunai, Program ini adalah kegiatan pemberdayaan masyakat desa khususnya bagi desa yang miskin dan margina yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga, dan teknologi lokal dengan tujuan dapat memberikan pendapatan bagi masyarakat desa.

“Ada 350 Desa dari 18 Kabupaten Jawa Timur yang mendapatkan bantuan melalui program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI), Program ini berupaya untuk meningkatkan para petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi.”terang Mahmudi ST.MT selaku PPK OP 1.

Pada pelaksanaan program padat karya diharapkan kegiatan ini tidak mengganggu aktifitas dan mampu menambah daya beli pelaksanaan program padat karya tunai di Desa harus dilaksanakan dengan benar dan sungguh-sungguh sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan begitu angka kemiskinan dapat menurun, angka gizi buruk berkurang” lanjut Mahmudi.

Kerjasama hippa dan di setujui kepala desa kepada masyarakat desa untuk tercapainya program P3-TGAI berupaya peningkatan para petani dan masyarakat desa dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigrasi. Nilai – nilai gotong royong partisipasi masyarakat juga harus tetap di pertahankan supaya hasil pembangunan dapat terpelihara dengan baik serta berkelanjutan.

Program padat karya ini merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi ) kepada Kementerian dan Lembaga (K/L) teknis untuk membuka lapangan pekerjaan, sekaligus menekan angka kemiskinan. “Jadi uang tunai untuk pekerjaan infrastruktur fisik yang bersifat jangka pendek,” katanya.

(Yok/Nining)