Beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum memulai bisnis.

0

Dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini, hampir semua orang butuh penghasilan atau belum puas dengan penghasilan sekarang dan  hampir semua orang berfikir bahwa memiliki bisnis adalah jalan terbaik nya.

Namun sebelum itu kalian harus tau beberapa poin yang perlu kalian cermati di bawah ini sebelum kalian berniat memulai bisnis.

  1. Jangan memulai bisnis kalau kalian tidak punya uang sama sekali.

Teman-teman, perlu diketahui untuk memulai bisnis kalian sudah pasti butuh modal. Karna ketika kalian ga punya uang/modal bagaimana kalian buka bisnis?

Ada yang berkata  ” tapi kan ada bisnis yang ga butuh modal”. Okeh kalau emang pegangan pemikiran kalian seperti itu, tapi kan dalam berbisnis kalian gabisa mengaharapkan atau memastikan banget  1 bulan ini, 2 bulan ini, 3 bulan ini bisnis akan untung terus. Itu ga selalu bisa di pastiin. Dan karena bisnis yang kalian pengen berjalan dalam jangka waktu yang panjang, kalian sangat perlu uang cadangan entah untuk membayar tagihan, untuk makan dan untuk yang lain lainnya. Sehingga kalo kalian emang belum punya uang jangan terlalu memaksakan, lebih baik ngumpulin/mencari uang terlebih dahulu dari pekerjaan lainnya.

saya tidak bermaksud mau menggurui, juga bukan bermaksud mau mengajari kalian untuk berfikir pesimis, tetapi ini adalah apa yang saya alami, berdasarkan pengalaman saya juga dari apa yang guru saya ajarkan dan ini  memang penting menurut saya untuk di sharing kepada kalian.

Jadi intinya kalian bisa nabung terlebih dahulu, setidak nya untuk modal atau simpanan satu tahun kedepannya kalian dalam berbisnis.

  1. Jangan mulai bisnis kalo tidak mengerti industrinya.

Yaa, yang kedua kalian harus tau terlebih dahulu industrinya. Kalian harus tau dimana kalian harus beli peralatan nya, dimana kalian harus punya supplier yang menurut kalian masuk harganya dan juga bisa bersaing dengan pembisnis lain soal harga saat kalian jual lagi barang itu, juga bagaimana marketing nya. Pokonya secara menyeluruh kalian harus ngerti betul industri nya.

” Sejauh mana kita harus mengerti industrinya?”

Misalnya, kalian berbisnis durian, kalian harus tau durian seperti apa yang bagus, durian seperti apa yang banyak di gemari dikalangan juga di pasaran, juga kalian harus ngerti dan tau bagaimana kalian menjual nya.

” Tapi kan saya bisa bayar orang untuk itu semua”, cara itu ga bisa diandalkan kawan.

Karna kalau kalian ga ngerti itu semua, yang ada  suatu saat nanti mungkin orang yang kalian bayar untuk itu semua bakal menipu usaha yang udah kalian bangun.

Jadi poin yang kedua ini, kalian harus ngerti betul industrinya.

  1. Jangan memulai bisnis kalau kalian berfikir dengan kalian berbisnis, kalian akan punya waktu yang bebas/luang.

Oohh kawan!!! Saya sering banget dapet pemikiran seperti ini dari orang-orang disekitaran saya.

Perlu dan sangat perlu kalian tau, yang seperti itu mungkin ada, tapi sudah sangat di pastikan kalau bisnis nya pasti sudah berjalan lama. Nah untuk bisnis yang berjalan baru itungan bulan atau bisnis yang baru dimulai, mustahil untuk memiliki waktu yang bebas, jadwal kalian pasti akan sangat padat.

Jadi yang mau memulai bisnis karena berfikir seperti itu, saya saranin, mending kerja aja deh. Karna kalo kerja itu jelas, kalian mulai kerja dari jam 9.00 pagi kalian selesai kerja jam 5.00 sore.

Nah kalo awal memulai bisnis bekerja bukan dari jam 9.00 sampai jam 5.00 lagi tapi 24 jam, karna setiap hari kalian pasti terus mikirin bisnis kalian, bagaimana harus mengembangkan, bagaimana kalian harus menaikkan omset dan lain lain.

Jadi buat kalian yang mau memulai bisnis jangan pernah berfikir kalau akan punya waktu luang atau punya waktu yang bebas, buang segera pikiran seperti itu.

  1. Jangan memulai bisnis kalau tidak punya stamina yang kuat.

Salah satu faktor penting dalam memulai bisnis itu kalian punya stamina. Pikiran jauh nya seperti ini deh temen-temen, ini sangat realistis, kita tidak pernah tau kedepan nya seperti apa, perjalanan bisnis kita akan mulus atau banyak lubang yang menjebloskan bisnis kita ke ambang gulung tikar/kebangkrutan.

akan tetapi kalo kalian punya stamina yang kuat, mental yang kuat, kalian belajar dari kesalahan atau kegagalan itu sudah pasti kalian bakal bangkit lagi dan raih lebih cepat lagi apa yang di cita-citain.

Jadi apakah diri kalian punya stamina yang kuat?

Apakah diri kalian punya mental yang kuat?

Kalian siap bersakit-sakit dalam jangka waktu yang tidak sebentar demi meraih impian itu?

Semua jawaban nya ada pada diri masing-masing.

  1. Dan terakhir, jangan memulai bisnis kalo tidak mengerjakan nya dengan hati.

Membuat bisnis tuh menurut saya, seperti ibu saya pada saat membesarkan saya selaku anak nya. Karna hal utama seorang ibu membesarkan anak nya adalah seorang ibu ingin anaknya sukses. Namun menjalankan semua itu butuh  proses, juga sabar dalam menjalankan nya satu persatu. Dan itu lah yang saya maksud dari mengerjakannya dengan hati. Sehingga kalo kalian mengerti bagaimana mengembangkan bisnis kalian dan  mengerjakannya dengan hati, ayo kita yakinin dan kita pastikan kalau kita akan sukses.

Nah mungkin itu aja temen temen yang saya dapet dari guru saya, juga dari pengalaman saya dan Alhamdulillah saya bisa sharing ke temen-temen semua. Terima kasih buat kalian yang sudah membaca.

Semoga masa depan kita sejalan dengan apa yang ibu kita doakan  yaitu sukses di kemudian hari.

Oleh : Muhammad Reynaldi Mahasiswa STEI SEBI