BRSDM-KKP dan STP Gelar Penandatanganan PKS dengan INKOPPOL Dukung Upaya Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Usaha KP

0

JAKARTA – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM-KKP) bersama Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta menyelenggarakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (INKOPPOL) tentang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat serta Pengembangan Usaha Kelautan dan Perikanan (KP) di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachaman, Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (27/3/2019).

Sekretaris BRSDM-KKP Maman Hermawan dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kelautan dan perikanan, BRSDM-KKP mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha kelautan dan perikanan yang digagas INKOPPOL bersama STP.

“Tugas BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kelautan dan perikanan. Oleh karena itu kami percaya bahwa penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan langkah awal bagi kedua institusi yang selanjutnya tentu diperlukan berbagai langkah-langkah teknis untuk merealisasikan tujuan yang diharapkan bersama,” ujar Maman.

Masih katanya, semua unit pendidikan di lingkup KKP menerapkan sistem vokasi serta didukung dengan fasilitas teaching factory (TEFA) yang memungkinkan semua peserta didik memiliki pengalaman praktek kelautan dan perikanan yang mirip dan serupa dengan dunia usaha/dunia industri sehingga diharapkan, dapat memberikan warna kontribusi dan kemanfaatan yang besar bagi masyarakt kelautan dan perikanan Indonesia.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan KP Bambang Suprakto mengatakan, Taruna/i STP dipersiapkan untuk menjadi ujung tombak pembangunan kelautan dan perikanan menuju pengelolaan yang berdaulat dan berkelanjutan.

“Taruna/i STP adalah generasi penerus bangsa yang memiliki daya saing yang tinggi yang selalu siap mendukung program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan sehingga dukungan Kepolisian RI merupakan penting adanya,” kata Bambang.

Kepala STP Jakarta Heri Edy mengungkapkan, PKS ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan/atau memperoleh manfaat yang saling menguntungkan dengan memperhatikan batas kemampuan.

“STP sangat menyambut baik kerjasama dengan INKOPPOL RI tentang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat serta Pengembangan Usaha Kelautan dan Perikanan,” tutur Heri Edy.

Perlu diketahui, ruang lingkup PKS meliputi :
(a) Pengabdian dan pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan.
(b) Pengembangan sumber daya manusia serta usaha kelautan dan perikanan.
(c) Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan dan perikanan berdasarkan prinsip knowledge based activities, dan
(d) Pemanfaatan sarana dan prasarana.

Penandatanganan PKS ditandatangani oleh Ketua STP Jakarta M. Heri Edy dan Ketua INKOPPOL Irjen Pol (P) Yudi Sushariyanto. Hadir dalam kegiatan penandatanganan PKS, yakni para pejabat lingkup Kepolisian RI, INKOPPOL dan Kementerian Kelautan Perikanan.
( jimmy )