Cara mendidik anak agar menjadi baik

0
Foto : Ist

Menjadi orang tua pastinya ingin menjadi anaknya yang terbaik,menjadikan anaknya sukses melebihi orang tuanya,menjadikan anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah.sesulit apapun dalam mendidik anak,bagaimanapun haus di kerjakan karena anak adalah titipan dari-NYA.

Mulai lah mendidik anak dari hal-hal kebiasan yang positif,seperti mengajarkan sholat,mengajarkan mengaji dan mengajarkan hal-hal yang dilarang dan dilarang dalam agama islam. Karena jika udah terbiasa melalukan hal-hal positif dari sejak kecil nanti ketika tumbuh dewasa sudah biasa melaukan hal-hal positif,namun kadang ada juga menjadi negatif,tetapi sebagai orag tua harus sabar dan terus memberikan nasehat yang baik untuk anaknya.

Biasakan juga untuk tidak memanjahkan anak atau menuruti yang anak mau karena jika tumbuh besar nanti anak akan terbiasa meminta dan harus di turuti.

Masalah anak juga masalahnya orang tua, kenapa bisa begitu? Apakah tidak ikut campur? Tentunya tidak,karena anak adalah titipan dari-NYA lantas orang tua harus mengetahui masalah anak,dan tentunya harus di selesaikan dengan baik,orang tua menasehati dengan baik juga.

Contohnya; anak melakukan hal negatif seperti dapat skors dari sekolahnya tentunya kepala sekolah melaporkan kejadian tersebut kepada orang tuanya,dan orang tua harus menanyakan baik-baik di ajak ngobrol dengan bahasa yang tutur lembut,masalah apa yang anak alami sampai bisa di skros dari sekolah.

Sebagai orang tua juga kita harus mengajarkan sopan santun kepada yang lebih tua,dan hormat kepada yang lebih muda,mengajarkan hal-hal kebaikan kepada orang lain,dan sebagai orang tua juga sering-sering mengajak ngobrol tentang hal yang bisa memotivasikan anak. Tidak dulu memberikan hp kepada anak sebelum masuk kuliah,karena dari Hp saja bisa membuat anak menjadi rusak,menjadi malas belajar dan malah jadi kecanduan main hp.

Oleh : Ajeng Dwi Nilova Mahasiswi STEI SEBI