CARA MENGATUR KEUANGAN DENGAN BAIK

0

foto : Ist
Keuangan adalah sebuah hal yang sangat penting untuk kita atur. Mengatur keuangan memang tidak akan semudah seperti yang kita lihat di televisi ataupun bayangan kita yang lainnya. Namun bagaimanapun juga kita tetap harus berusaha untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik dan benar.

Mengatur keuangan bukan saja memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran, tapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan seimbang, tidak besar pasak daripada tiang sehingga menimbulkan defisit keuangan. Oleh karenanya, Kita perlu mengetahui betul detail pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang, serta melakukan upaya penghematan.

Ingin tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik? Mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Buatlah anggaran keuangan
Membuat anggaran adalah salah satu cara agar uang dapat Kita gunakan dengan tepat. Usahakan selalu membuat skala prioritas. Selain itu anggaran keuangan akan memberi gambaran seberapa besar pengeluaran bulanan.

2. Bayangkan masa tua
Apakah Kita ingin hidup sederhana di desa atau Kita ingin masa tua Kita dihabiskan dengan berlibur? Tentu semuanya membutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Perencanaan keuangan harus dimulai dari pengelolaan keuangan yang baik.

3. Berinvestasi
Investasi memiliki beberapa macam mulai dari yang memiliki risiko rendah hingga tinggi. Investasi akan memberikan keuntungan untuk Kita dimasa depan.

4. Jangan lupa Menabung
Sepertinya semua orang sudah tahu mengenai pentingnya menabung. Tetapi satu hal yang penting adalah Kita sebaiknya tidak menyimpan uang terlalu banyak dalam tabungan.

5. Pisahkan berbagai kebutuhan
Pada dasarnya Kita dapat membagi kebutuhan berdasarkan waktunya seperti jangka pendek, menengah, dan masa depan. Kebutuhan jangka pendek tentu harus Kita utamakan dalam pemenuhannya tetapi dan juga harus mempertimbangkan kebutuhan masa depan.

6. Kendalikan Diri
Pikiran dan psikologi Kita dalam mengelola uang sangatlah penting untuk diperhatikan. Ada banyak orang yang sangat boros ketika sedang mendapatkan banyak uang. Pada kasus seperti itu sebenarnya pikiran dan psikologi orang yang lebih berperan dalam mengelola keuangan.

7. Catat keuangan bulanan
Pencatatan keuangan bulanan akan membantu Kita dalam mengevaluasi pengelolaan keuangan. Anda akan mengetahui sektor mana saja yang masih bisa hemat dan sektor mana yang lebih bisa diprioritaskan.

Memang uang bukanlah segalanya dalam hidup. Namun bagaimana cara mengatur keuangan yang tepat akan membantu untuk menata hidup lebih baik. Mengatur keuangan sejak dini akan membantu Kita dalam menyiapkan segala sesuatunya di masa depan.

Nama: Novita Dewi, STEI SEBI.