Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

0

Pada Era sekarang kemampuan berbahasa inggris sangatlah penting dan dibutuhkan, selain menjadi bahasa suatu negara, bahasa ini merupakan bahasa universal. Karena itulah kemampuan berbahasa inggris sangat diperlukan untuk interaksi yang lebih luas.

Contoh kecil yaitu ketika seseorang melamar pekerjaan, seseorang yang bisa berbahasa inggris mendapat nilai plus, sehimgga mendapat kesempatan lebih tinggi untuk diterima di perusahaan tersebut, Contoh lain yakni ketika kita ingin kuliah diluar negri, ditahap tes pasti ada tes bahasa inggris.

Dari contoh-contoh tersebut tidak salahnya kita untuk mencoba terus dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Bukan berarti kita sebagai warga indonesia, hanya bisa bahasa indonesia saja. Akan tetapi bahasa manapun alangkah baiknya dikuasai agar kita bisa berinteraksi lebih luas.

Dalam artikel ini saya akan pembantu kalian para pembaca dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, bukan berarti saya sendiri sudah master dibidang bahasa inggris. Akan tetapi, saya menshare ini untuk bersama-sama belajar dengan metode yang saya ketahui. Let’s goo!!!

Melalui musik
Untuk cara yang pertama ini sangatlah mudah untuk dilakukan, kita hanya bermodalkan hp dan rasa kemauan untuk bisa yang tinggi. Bagaimana cara belajar melalui musik ini? Pertama tama kalian dengarkan lagu apa saja yng berbahasa inggris. Setelah itu carilah lirik lagu tersebut. Untuk menambah kosakata kita bisa melihat translate dari lagu tersebut dan kita cocokan arti dengan lirik perkata. Dari satu lagu kalian bisa menambah puluhan kosa kata baru. Dan untuk bisa dalam kemampuan speaking dan pronounciation kalian bisa cocokan cara baca si penyanyi dengan liriknya. Dari situ kemampuan bahasa inggris kalian bisa mengkat. Yng terpenting kalian mempunyai rasa ingin bisa yang tinggi dan tidak malas.

Melalui film
Cara yang kedua ini hampir sama kaya cara yang pertama. Ada dua metode melalui cara ini. Yang pertama metode subtitle, jadi film yang kalian tonton bersubtitle bahasa indonesia. Selama nonton pegang buku dan pulpen untuk menuliskan bahasa inggris yng belom kamu tahu dan lihatlah subtitlenya. Dari cara ini kalian bisa menambah kosa kata dan bisa menilai seberapa jauh kemampuan bahasa inggris kalian. Semakin banyak kosa kata yang kalian tulis maka berarti kemampuan inggris kita perlu terus ditingkatkan. Yang kedua yakni tidak menggunakan subtutle dan sering menonton sampai kita hafal sendiri maksud dari film tersebut dan kita tahu arti dari tiap pembicaraan di film tersebut/

Melalui Games
Ini cara yang paling seru kedengarannya bukan? Ya untuk cara yang satu ini kita membutuhkan partner untuk bermain gamesnya. Games yang dimainkan bisa apa saja asal yang kalah diberi hukuman yang bisa meningkatkan bahasa inggris kita. Contoh kecilnya setelah kita salah kita diharuskan describe something menggunakan bahasa inggris dan tidak diperbolehkan meliat kamus . Dengan cara tersebut kita dapat meningkatkan speaking kita.

Melalui kursus
Untuk yang keempat ini mungkin lebih berbeda dari cara yang sebelumnya. Cara ini kita harus mengeluarkan uang terlebih dahulu dan bisa menggunakan cara ini. Di indinesia kursus bahasa inggris ada daerah yang sudah dikenal banyak kursusnya dan memang menjadi tempat kebanyakan orang untuk belajar disana. Yakni ‘Kampung Inggris Pare’ disana kita bisa memilih program yang ada, kita bisa memilih program speaking, grammar, ataupun pronounciation kita. Disana waktu belajar juga kita bisa memilih sendiri, ada yang paket 2 minggu, sebulan atau yang lainyya. Untuk lembaganya sangatlah banyak dan pilihlah yang menurut kalian cocok ketika kalian belajar disana. Untuk lebih bnyak infonya bisa langsung search digoogle kaarena sudah banyak yang memposting tentang ‘Kampung Inggris Pare’ ini/

Jangan malu berbicara
Yang kelima yakni tahap mempraktekkan, ketika kita sudah sering belajar dan dan mempunyai banyak kosa kata, jangan malulah untuk sedikit-sedikit dipraktekan,. Contoh kecil yakni sebuah caption di social media ataupun kalian mengunduh aplikasi yang bisa berinteraksi dengan orang bule. Dengan cara ini kita semakin tau sejauh mana kita berkemampuan.

Mungkin hanya 5 cara yang baru bisa saya share, untuk cara selanjutnya mungkin bisa dilain waktu. Saya harap bisa bermanfaat bagi kalian para pembaca terkhusus yang sedang belajar bahasa inggris. Mohon maaf apabila artikel singkat ini masih banyak kesalahan. Dan saya ucapkan terima kasih kepada pembaca dan yang sudah mempublish artikel ini(

Created by: Novita Dewi (STEI SEBI)