Cara tepat dalam Mengambil Keputusan

0

Kita sebagai makhluk hidup pastinya pernah dihadapkan dalam suatu pilihan yang akan membuat kita senantiasa harus mengambil keputusan yang tepat. Baik pilihan-pilahan tersebut adalah hal yang ringan ataupun merupakan suatu pilihan yang sangat sulit bagi kita. Dan dalam prosesnya mengambil sebuah keputusan bukanlah hal yang mudah terkadang kita dapat dihinggapi rasa keragu-raguan dalam membuat suatu keputusan.

Maka hendaknya kita menyingkirkan rasa keragu-raguan itu dari diri kita karena akan mengahambat dalam mencapai kesuksesan kita. Mengambil keputusan juga dilakukan dengan cepat namun tepat, ketika ada peluang yang kita perlukan adalah sikap keberanian dan kecepatan  kita dalam membuat keputusan sehingga kita tidak akan kehilangan kesempatan atau bahkan menyesal dikemudian hari.

Seorang penulis, Zahra zahira syuaiban dalam bukunya yang berjudul La Tahzan for Muslimah Millennial menuliskan bahwa orang sukses cenderung mudah mengambil keputusan yang sudah bisa ia ukur tingkat kerugian dan keuntunganya, Maka jarang sekali kita melihat orang sukses yang kehilangan peluang dan uang

Berikut merupakan cara tepat dalam menumbuhkan keberanian untuk mengambil keputusan :

  1. Yakin bahwa resiko bisa diatasi.

Dihadapkan dalam membuat keputusan juga pasti akan diahadapkan terhadap resiko yang ada dalam setiap keputusan yang diambil. Cara terbaik adalah dengan kita mempertimbangkan ataupun menganalisis resiko-resiko yang ada bila kita mengambil keputusan tersebut. Namun tidak kita pungkiri akan selalu ada resiko dalam mengabil keputusan namun jangan lupakan bahwa akan selalu ada solusi terhadap resiko yang kita hadapi. Maka yakinlah dan berpikir secara positif bahwa kita dapat mengatasi resiko tersebut sehingga kita dapat mencapai kesuksesan yang kita inginkan.

  1. Biasakan Mengatasi Masalah.

Apa yang akan kalian lakukan bila mengaadapi suatu masalah dalam hidup kalian menghadapi dan menyelesaikanya atau bahkan lari dan mengabaikanya? Jika kalian lebih memilih lari dan mengabaikanya dipastikan bahwa masalah tersebut akan memuncak dan semakin memuncak. Menghadapi masalah akan membuat pribadi kita menjadi lebih bertanggung jawab dan dewasa. Karna pastinya setiap masalah yang kita hadapi akan memberikan pelajaran tersendiri bagi kita. Dengan kita berusaha menyelesaikan masalah tersebut maka kita akan menjdi manusia yang baru dengan pengalaman yang baru. Maka bisakanlah diri kita untuk selalu menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah karna menghindar bukanlah pilihan yang tepat

  1. Pintar Memilah Masalah.

Jika kita dihdapkan dalam suatu permasalahan hendaklah kita tidak menjadikan masalah yang kita hadapi menjdi semakin besar dengan mengambil keputusan yang tidak tepat atau bahkan cenderung salah. Hendaklah kita menjadi pribadi yang pintar dengan dapat menemukan solusi yang tepat atas permasalah yang kita hadapi, bukanya malah kita mengambil keputusan yang salah dan semakin membuat rumit masalah yg kita hadapi.

  1. Selesaikan Masalah dengan Berpikir Positif.

Berpikir positif merupakan kunci penting dalam menyelesaikan suatu masalah karna, dengan kita berpikir secara positif dan jernih maka kita tidak akan bertindak secara gegabah dalam membuat suatu keputusan. Ketika kita malah malas untuk berpikir dengan baik dan memilih untuk berpangku tangan maka masalah tersebut tidakakan pernah terselesaikan dan diri kita tidak memiliki pengalaman yang berarti. Maka dari itu ubahlah cara pandang kita agar selalu berpikir positif dalam menyelesaikan suatu masalah.

Dari 4 point penting diatas hendaklah kita selalu cermat serta tidak bertindak gegabah atau pun terburu-buru dalam membuat keputusan. Lihatlah jangan hanya dari satu sisi tetapi dari berbagai sisi dengan objektif sehingga akan membuahkan manfaat yang baik bagi diri kita. Namun ketika kita menjadi ragu-ragu dan pada akhirnya tidak membuat keputusan kita hanya akan menjadi pribadi yang selalu larut dalam kesedihan dan terombang-ambing dalam ketidakpastian.

Oleh : Amalia Isfahani Mahasiswi STEI SEBI

Sumber : Buku karya Zahra Zahira Syuaiban yang berjudul ” La Tahzan for Muslimah Millennial “