Dandim 0822 Bondowoso: Melalui Wawasan Kebangsaan Akan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter & Cinta Tanah Air

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Kodim 0822 Bondowoso melaksanakan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan Semester II TA 2019 bersama Tokoh Masyarakat, Pelajar dan Satpol PP Kab. Bondowoso.

Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara, hal inilah yang ditegaskan oleh Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Inf. Jadi, S IP.

” Dan Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,” Tutur Letkol Inf Jadi, S.IP.

Ia juga menjelaskan, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” Ujar Dandim Rabu (06/11) di Gedung PB. Sudirman Makodim 0822 Bondowoso.

Letkol Inf Jadi, S.IP menegaskan, bahwa Bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

Apalagi, kata dia, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

” Mari kita tanam dalam diri masing-masing tentang nilai Wasbang, agar terciptanya rasa cinta tanah air dan generasi penerus bangsa yang kuat, sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai ini jadi lebih kokoh. ” Imbuhnya.

Sementara itu, tema dalam kegiatan kali ini yakni melalui kegiatan wawasan kebangsaan TA 2019, TNI AD siap membina dan membentuk Masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke bhinneka tunggal ikaan dalam menjaga keutuhan NKRI. ( Bam” S )