Danramil 0822/03 & Babinsa: Dengan Tumpang Sari Produktifitas Lahan Semakin Meningkat

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Babinsa Desa Kretek Kec. Taman Krocok melaksanakan sosialisasi dan pendampingan tanam tumpangsari Padi dan Jagung musim tanam Nofember 2019 di pendopo Balai desa Kretek Selasa (28/10).

Tanaman tumpangsari padi dan Jagung menurut Babinsa Koramil 0822/03 Tegalampel yakni Serma. Puji, dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar perkebunan/hutan,

” Karena petani mendapat hasil padi sebelum tanaman pokok menghasilkan. Bila setelah panen padi diikuti oleh tanaman palawija yang lebih tahan kering, maka produktivitas lahan lebih meningkat dan pendapatan petani juga meningkat. ” Kata Babinsa Desa Kretek.

Ia juga mengatakan, kalau pola tanam yang dianjurkan adalah padi gogo diikuti jagung atau kedelai atau kacang tanah dan selanjutnya bila masih ada hujan dapat diiikuti oleh penanaman kacang tunggak atau kacang hijau. ” Ujar Serma Puji.

Terpisah Danramil 0822/03, Kapten Inf. Rochis menegaskan bahwa Penerapan pola tanam berbasis padi gogo yang intensif seperti tersebut, dapat berfungsi sebagai tindakan konservasi tanah secara vegetatif.

” Kontak langsung air hujan secara fisik dengan permukaan tanah akan berkurang karena tertahan oleh daun dan ranting tanaman. Selanjutnya penyerapan air secara perkolasi melalui akar tanaman akan meningkat, sehingga aliran permukaan berkurang dan erosi tanah dapat diminimalkan. ” Tegas Danramil.

Senada dengan yang dituturkan oleh. Danposramil Taman Krocok, Pelda. Akmujo, Keuntungan lain dari tanaman tumpangsari adalah tenaga kerja untuk persiapan tanam dan pemeliharaan tanaman pokok menjadi berkurang.

” Residu pupuk yang diberikan pada tanaman pangan yang diusahakan dapat dimanfaatkan oleh tanaman pokok, terjadi penambahan bahan organik dari sisa atau limbah tanaman pangan. ” Ucap Danpos. saat dikonfirmasi Media ini. ( Bam” S )