Danramil 0822/03 Tegalampel Support Pembaharuan MOU Bidan Dan Dukun Beranak

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Puskesmas Tegalampel menggelar pertemuan rutin yang dilakukan setiap satu bulan sekali bersama Muspika Kec. Tegalampel dan para Dukun se Kec. Tegalampel.

Pertemuan yang dilaksanakan Rabu (13/11) di Aula Puskesmas Tegalampel itu prihal pembaharuan MOU Penguatan Kemitraan Bidan dan Dukun di wilayah Kec. Tegalampel.

Kepala puskesmas Tegalampel, dr. Umi Fadilah menyampaikan beberapa hal diantaranya Pertemuan ini sangat penting karena ada beberapa permasalahan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan dan kami Puskesmas adalah sebagai unit pelaksana.

” Dan saat ini khususnya di Kec. Tegalampel angka kematian ibu dan bayi, pada saat proses melahirkan sudah menurun dan segala upaya telah dilakukan Pemerintah dari dahulu sampai hari ini untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. ” Katanya.

Ia juga mengatakan kalau semua ini merupakan masalah bagi kita sebab itu, ” Mari Kita bersama-sama mencari solusi antara Dukun bayi, Bidan Desa, Bidan Pemerintah, Kepala Desa, serta Msf yang mewakili masyarakat untuk mencari solusi supaya menemukan cara pencegahan serta penyebab angka kematian ibu dan bayi di tahun – tahun akan datang dapat ditekan.” Ujar Umi.

Sementara itu, Danramil 0822/03 Tegalampel yang menghadiri acara tersebut sangat mendukung Pemerintah yang terus berupaya mengatasi persoalan ini ditahun – tahun yang akan datang.

” Pemerintah saat ini sudah menyiapkan dana supaya melahirkan di Puskesmas gratis, sebagian besar masyarakat sudah mau melahirkan di puskesmas, akan tetapi masih banyak juga yang melahirkan dirumah tanpa pertolongan Bidan. ” Tutur Kapten Inf Rochis.

Menurutnya, ” Ini merupakan tantangan yang harus di hadapi pihak Puskesmas dan Dinas kesehatan, pemerintah telah berkerja sama dengan membuat MOU Bidan dan Dukun beranak kerja sama ini telah dimulai dua tahun yang lalu ada pun tujuan agar semakin baik dan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi di wilayah kerja masing – masing. ” Ujar Danramil.

( Bam” S ).