Desa Sumber Kalong : Entaskan Kemiskinan Melalui Dana Desa

0

BONDOWOSO – Setidaknya ada 20 Orang Warga Desa Sumber Kalong Kec. Wonosari mengais rejeki di Lokasi Pembangunan Saluran Irigasi Program Dana Desa Tahun 2018.

Adanya pembangunan itu bertujuan meningkatkan sarana pertanian dan juga membuka peluang pekerjaan baru bagi Warga setempat yang selama ini mereka lebih memilih menganggur yang disebabkan sulitnya mendapatkan pekerjaan pada bulan – bulan ini.

Salah satu pekerja Jupri warga Rt. 02 Rw. 01 , membenarkan , saat ini mencari pekerjaan sangat sulit, ” Biasanya Kami di sini kesehariannya menjadi Buruh Tani, akan tetapi kondisi Sawah sudah mau panen otomatis Kita kehilangan pencaharian.”Beruntung ada Program Dana Desa dan Kepala Desa mungkin prihatin sehingga Kita di rekruit menjadi pekerja di proyek ini. ” ujar Jupri.

Senada di tuturkan oleh Subairi warga Rt. 12 Rw. 04. ” Adanya Dana Desa merupakan Anugerah yang patut di syukuri, apalagi Kepala Desa setempat saat ini sangat peduli terhadap Warga, dengan demikian di saat terpuruknya kondisi ekonomi malah terangkat dengan menjadi pekerja di pembangunan ini. ” Tuturnya kepada SKETSA dijumpai dilokasi pembagunan saluran.

Ditempat terpisah Suhrawi Kepala Desa Sumber Kalong yang baru menjabat ini saat dikunjungi dikediamannya menegaskan, sangat prihatin pada kondisi yang di alami Warga Masyarakat dimana 40 % pekerjaan Mereka adalah Buruh Tani, sedangkan kondisi lapangan saat ini adalah panennya bagi Para Petani dan paceklik untuk Buruh Taninya.

” Untuk itu, melalui adanya Dana Desa ini Kita selaku PemDes memaksimalkan situasi yang ada melaksanakan program ini dengan merekruit tenaga yang berasal dari Rumah tangga Miskin, tujuaanya untuk membuka lapangan pekerjaan agar kedepan lebih berdaya. ” Ujar Suhrawi.

Lebih lanjut Suhrawi menambahkan, ” Walaupun Kami di sini tergolong baru dalam mengelola Program, akan tetapi yang namanya Dana Desa tujuannya adalah memberdayakan Masyarakat yang selama ini kurang mendapat perhatian. ” Ungkapnya kepada SKETSA Sabtu, ( 17 / 03 ). Usai ikuti acara Ta’ziah.

( Bam”S ).