DESA TREBUNGAN KEC. TAMAN KROCOK KECIPRATAN PROGRAM PISEW TA. 2018

0

BONDOWOSO| Sketsaonline. Com – Pengembangan Inprastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Desa Trebungan Kec. Taman Krocok sudah selesai dilaksanakan, Program Pengembangan Inprastruktur ini di laksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) untuk pembangunan saluran Irigasi yang ada di Desa Trebungan sepanjang 384 M x 1. 05 Cm.

Program yang didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu bertujuan untuk membangun inprastruktur penunjang desa seperti Saluran Irigasi dan akses lainnya yang dapat menunjang untuk kemajuan desa yang telah di usulkan oleh desa dan kecamatan.

Dalam keterangan Persnya Kepala Desa Trebungan yakni Jamin Hermanto mengatakan kalau Sasaran kegiatan Program PISEW meliputi Pembangunan infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan, yang dapat berupa infrastruktur perhubungan / transportasi,infrastruktur pendukung produksi pertanian, peternakan dan perikanan, industri, dan pariwisata.

” Peningkatan kapasitas daerah dalam pembangunan sosial dan ekonomi lokal,Tersedia fasilitator masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan,Peningkatan kemampuan dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan pembangunan,Pendayagunaan tenaga kerja lokal dalam pembangunan merupakan hal terpenting. ” Katanya Senin (05/11)

Bahkan menurut Kepala Desa yang cukup piawai ini. ” Dalam Pengerjaan nya di Desa Trebungan sendiri sama sekali tidak melibatkan pihak kontraktor, dan hanya di kerjakan oleh warga atau kelompok masyarakat setempat karena menimbang dari asas manfaatnya yang lebih tinggi. ” Tuturnya.

Terpisah salah satu Petani Desa setempat yaitu Madi merasakan manfaat yang luar biasa dengan dibangunnya Saluran Irigasi di silayah tersebut. ” Disamping berfungsi untuk menahan tanah agar tidak longsor juga kelancaran sarana pengairan sawah untuk meningkatkan produk daripada pertanian yang ada di Desa ini. ” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BKAD Kec. Taman Krocok Fatima menuturkan untuk tahun 2018 ini ada 2 Desa di wilayah kecamatan tersebut yang kebagian program dari Kementrian PUPR. ” Desa Trebungan dan Desa Kretek. ” Ujarnya secara terpisah dan berharap ditahun berikutnya ada desa lain juga mendapatkan program PISEW tersebut. ( Bam” S ).