Diguyur Hujan Deras, Teras dan Talud Rumah Kayati Ambrol

0

Pacitan, Sketsaonline.com,–Akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Pacitan, sejak pukul 13.00 WIB, bencana alam tanah longsor kembali terjadi, salah satunya menimpa rumah Kayati, warga RT 01, RW 05, Dusun Sempu, Desa Bungur, Kecamatan Tulakan, Pacitan.

“Akibat longsor, teras rumah dan talud pengaman dengan panjang delapan meter dan tinggi empat meter ambrol dan kejadiannya sekitar pukul 14.40 WIB,” ujar Kapten Arm Agus Wahono, Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/08 Tulakan, Jumat (15/03/2019) sore.

Danramil menerangkan, meski tidak terdapat korban jiwa, akan tetapi kerugian material diperkirakan mencapai Rp20 juta. Karena terdapat teras rumah rusak dan juga talud pengaman rumah jebol.

“Kejadian itu karena curah hujan yang cukup tinggi dan kontur tanah yang labil sehingga tidak mampu menahan debit air,” terangnya.

Adapun tindakan yang dilakukan yakni, Babinsa bersama warga setempat melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan tanah longsoran, dengan alat seadanya.

“Kita imbau kepada masyarakat sekitar untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada, mengingat cuaca ekstrem ini masih akan berlangsung,” pungkasnya. (Sigit)