Dinilai Bisa Meningkatkan Hasil Produksi Jagung dan Padi, Atonik 6.0 L Dikenalkan di Nagekeo

0
Pengenalan Atonik 6.0 L di Aula Hotel Pepita Mbay Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Kamis (10/09/2020)

NAGEKEO – Selain bibit unggul, pemilihan pupuk yang tepat akan berdampak langsung terhadap kualitas tanaman. Pupuk berkualitas baik dapat meningkatkan produktivitas tanaman, sekaligus meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama.

Hal tersebut disampaikan Direktur PT.Oat Mitoku Agrio, Suryadi Jaya saat mempromosikan salah satu produk unggulan di perusahaannya, ATONIK 6.0 L, kepada kelompok tani di Aula Hotel Pepita Mbay Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Kamis (10/09/2020).

Suryadi mengatakan, ATONIK 6.0 L merupakan biostimulan atau senyawa anorganik yang mampu menstimulasi proses alami, mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

“Keunggulan ini lah yang membedakan ATONIK 6.0 L dengan pupuk cair, insektisida, maupun fungisida yang beredar di pasaran,” kata Suryadi saat memaparkan keunggulan dari ATONIK 6.0 L,

Adapun manfaat ATONIK 6.0 L bagi tanaman, kata Suryadi, diantaranya adalah sebagai biostimulan yang dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tanaman, serta mengurangi stress pada tanaman.

“Dengan begitu manfaatnya akan dirasakan langsung oleh petani, terlebih ATONIK 6.0 L ini dapat digunakan pada berbagai jenis tanaman pangan, diantaranya padi dan jagung,”

Untuk jenis tanaman hortikultura, lanjut Suryadi, produk tersebut dapat digunakan pada tanaman bawang merah, tomat, cabai, dan kentang.

“Sedangkan, untuk tanaman perkebunan, ATONIK 6.0 L, ini juga dapat digunakan pada tanaman karet, dan kakao,” bebernya.

Karena itu, lanjut Suryadi, dengan adanya ATONIK 6.0 L tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraannya petani, khususnya di Manggarai Timur.

“Dengan begitu, ketahanan pangan nasional pun semakin meningkat” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Boawae, Anselmus Lalo Uma, yang hadir pada kegiatan tersebut mengaku tertarik dengan produk ATONIK 6.0 L tersebut.

“Kalau kegiatan sosialisasi hari ini, jujur saja saya tertarik dan memang ini untuk kepentingan masyarakat, Bahwa dengan menggunakan produk ini ada peningkatan produksi selain itu tentu peningkatan ekonomi karena ada penambahan hasil,” ujarnya.

Ia juga menyatakan akan mendorong petani agar bisa menggunakan produk ini karena memang sangat bermanfaat untuk kepentingan pertanian.

Karena itu, ia meminta agar pihak PT. Oat Mitoku Agrio memperlihatkan produk ATONIK 6.0 L kepada masyarakat Nagekeo sehingga bisa diuji coba.

“Sudah pasti akan mendorong. Kami minta perlihatkan produk sehingga bisa uji coba bagi petani. Memang ini sangat membantu petani, tapi harus ada uji coba terlebih dahulu. Minimal setelah ini ada tindak lanjut seperti demplot setiap BPP yang ada di Nagekeo,” pungkasnya. (Dot)