Disdik Depok Terapkan Program Sekolah Ramah Anak

0

Depok – Dinas pendidikan kota Depok akan menggarap 200 sekolah untuk program sekolah ramah anak.Ini sudah sesuai program Walikota Depok sebagai kota layak anak. Ujar Thamrin Kepala Dinas kota Depok usai acara Forum Ranja di Wisma Hijau Cimanggis Depok, (21/2).

“Salah satu program nya adalah memberikan kenyamanan kepada peserta didik. Yang harus dibarengi dengan karakter, attitude dan kemampuan tenaga pendidiknya”.lanjut Thamrin.

Menurutnya, dengan langkah ini pelecehan terhadap anak anak disekolah tidak terjadi.untuk pendidiknya ini tidak sembarang maka akan dilakukan test psikotest terlebih dahulu.

“Kalau didalam psikotestnya ada yang melakukan penyimpangan, maka kami tidak akan memberikan rekomendasi” ujar Thamrin.

Untuk guru honor yang baru maupun yang sudah menjabat menjadi PNS ataupun yang sudah direkrut oleh pihak sekolah.akan kami seleksi dan harus mengikuti psikotest

“Selain guru PNS dan guru honor pun, guru guru yang sudah menjabat lama akan tetap diikutsertakan”, lanjut Thamrin

Mengenai Pengenalan sekolah ramah anak, Disdik telah mengajukan, bahwa sekolah yang sudah mengikuti program ramah anak minimal akan dibuatkan papan nama untuk sekolah ramah anak.

Kriteria sekolah ramah anak yaitu, mengenai fasilitasnya, toilet sudah harus dipisahkan antara laki-laki dan perempuan, adanya sarana bermain, taman bacaan untuk anak-anak.

kemudian berkaitan tentang program sinergitas antara anak, orang tua dan guru misalnya kegiatan parenting ataupun kegiatan yang berhubungan dengan sinergitas sekolah.

Jadi bukan hanya sarana tapi kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan ramah anak yang ada disekolah.papar Thamrin.

Dikatakan Thamrin, Untuk saat ini yang mendominasi sekolah ramah anak baru pihak swasta,,adapun SD negeri baru SD anyelir, dan untuk SMP adalah SMP Cakra Buana.tutup Thamrin. (Drisella)