Dishub Jatim Lakukan Operasi Persuasif Angkutan On Line

0

Petugas gabunga/ n sedang memberhentikan angkutan taksi on line
Jatim – Dinas Perhubungan Jatim melakukan operasi persuasif terhadap angkutan (taksi) berbasis on line di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (01/2) pagi.

Operasi ini dilakukan berdasar Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Nomor PM 108 Tahun 2017, Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, efektif berlaku mulai 1 Pebruari 2018.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan DishubJatim, Isa Anshori mengatakan, operasi ini dilaksanakan untuk mendata dan memberikan sosialisasi kepada taksi on line untuk segera mengurus dan melengkapi persyaratan angkutan sesuai regulasi, yaitu uji kir, SIM A Umum dan pemasangan stiker.

“Operasi pagi ini dilaksanakan secara persuasif dan preventif terkait pelakasaan Permenhub 108 yang berlaku mulai hari ini tanggal 1 Pebruari ” kata Isa.

Ditambahkannya, karena sifatnya sosialisasi maka tidak dilakukan tindakan. Dalam operasi ini diterjunkan 50 personil dari Dishub.Prov.Jatim, dibantu Polda Jatim, Polisi Militer, Satlantas Polrestabes Surabaya, Dishub Kota Surabaya. Tampak hadir Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP. Eva Guna Pan Pandia.

Hanif, salah satu pengemudi taksi online yang terciduk dalam operasi ini, mengaku ia sebagai pemilik mobil telah mengurus uji kir, SIM A Umum dan menyiapkan stiker angkutan on line, bahkan menyambut senang terhadap aturan yang ada karena juga bisa melindungi profesi dan usahanya. ” Saya senang bisa melindungi pengemudi juga, sedang bb: persyaratan taksi on line sudah ada yang mengurus ” terang Hanif seusai diperiksa kelengkapan surat-suratnya. (Yok/ning)