Diskusi Seni UOB Painting of the Year 2018

0

Jakarta – UOB dan Bentara Budaya Jakarta mengadakan diskusi tentang pentingnya peran kompetisi seni dalam melahirkan generasi-generasi baru untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia.

Diskusi ini diharapkan dapat mewadahi pandangan serta masukan publik dari berbagai latar belakang komunitas seni seperti kurator, wartawan, perupa, institusi swasta dan pemerintah.

Diskusi yang nantinya juga akan dilakukan di Bandung, Bali, dan Yogyakarta akan mengajak sejumlah panelis ahli yang memiliki pengalaman luas dalam bidang seni rupa baik tingkat nasional maupun internasional.

Kompetisi seni memegang peranan penting dalam menemukan serta mengembangkan bibit-bibit perupa baru, termasuk membantu memperluas jaringan mereka untuk berkarir di industri seni rupa.

Kompetisi seni awalnya mulai menjamur di tahun 1990, dan sejak saat itu ajang kompetisi seni telah berkembang menjadi salah satu wadah bagi perupa untuk mendukung perkembangan karir mereka.

UOB secara konsisten mendukung perkembangan seni rupa di Asia Tenggara melalui program kompetisi UOB Painting of the Year. Melalui perhelatan seni tahunan ini, UOB Indonesia berharap dapat menciptakan wadah berkarya yang positif dan berkelanjutan, serta memberikan kesempatan bagi perupa Indonesia untuk memperdalam bakat dan potensi mereka agar menjadi inspirasi bagi generasi perupa muda berikutnya.

UOB Painting of the Year tahun ini telah memasuki tahun ke-delapan di Indonesia, dan sejak diluncurkan ajang kompetisi ini telah mampu melahirkan bakat-bakat baru yang kuat seperti Gatot Indrajati (2016), Anggar Prasetyo (2015), Antonius Subiyanto (2014), dan Y. Indra Wahyu (2012). Kemenangan Indonesia di tingkat regional selama empat kali dalam kurun waktu delapan tahun menjadikan UOB salah satu institusi yang mumpuni dalam memberikan ruang berkarya perupa-perupa muda Indonesia hingga tingkat Asia.

(Joe)