Disrumkim Depok Berharap DPUPR Bangun Turap DAS Sungai Cikumpa diarea Gedung Pramuka

0

Depok – Tebing Penyangga Gedung Pramuka diwilayah GDC Sukmajaya akan segera diperbaiki karena pembangunannya masih dalam masa pemeliharaan .

Wandi kepala bidang Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Permukiman kota depok menjelaskan bahwa pembangunan gedung Pramuka hingga saat ini masih dalam masa pemeliharaan.

“Masa pemeliharaan 1 tahun, kebetulan ditahun ini masih dalam masa pemeliharaan” ujarnya kepada sketsa dikantornya (25/08/2020)

Menurut Wandi, pada awal proses pembangunan gedung Pramuka, memang belum ada turab diarea Daerah Aliran sungai (DAS) Sungai Cikumpa sehingga perencana hanya membuat tebing Penyangga sekitar area Gedung Pramuka.

“Tebing tersebut adalah penyangga area Gedung Pramuka untuk mengantisipasi agar tidak ada penurunan tanah dampak dari luapan air sungai yang mengikis tanah di sekitar DAS”ujarnya.

Sebelumnya pihak Disrumkim telah membuat pengajuan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk melakukan pembangunan turap DAS Sungai yang tepat berada dibawah Gedung Pramuka.

Baca juga : Tebing Penyangga Gedung Pramuka Depok labil dan Rawan Ambruk

Berharap kepada Dinas PUPR untuk bekerjasama dalam hal penanganan ini agar tidak terjadi penurunan tanah yang akan berdampak pada bangunan Gedung Pramuka.

“Untuk penurapan DAS adalah kewenangan dinas PUPR” tandas Wandi.

Seperti diketahui tebing penyangga gedung pramuka GDC Depok, dibangun dengan metode pemasangan batu (Turab) tampak sudah retak dan terbelah dibeberapa bagian pasangan batunya.

Terkait hal ini Disrumkim Depok merespon cepat, langsung terjun ke lokasi meninjau untuk segera diperbaiki. (DOT)